Siswa MIN 2 Kulon Progo Cinta Bahasa Lewat Puisi

Kulon Progo (MIN2KP) – Puisi merupakan ungkapan perasaan yang diungkapkan melalui kata-kata atau bahasa yang indah. Di MIN 2 Kulon Progo kelas dua sejumlah 28 siswa diperkenalkan puisi, yang kemudian ditempelkan sebagai majalah dinding di kelasnya. Hal ini disampaikan Sri Handani Widiyaningrum di ruang perpustakaan madrasah setempat, Selasa (16/1/2024) siang.

“Pembelajaran kali ini memang sesuai dengan sub tema mencermati puisi anak dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Daerah melalui teks tulis dan lisan. Untuk kelas dua, Puisi yang dibuat masih sederhana, dengan kata-kata yang mudah dipahami anak. Alhamdulillah siswa sudah paham dalam pembuatan puisi. Sebelum membuat puisi, siswa di beri pengarahan dan beberapa contoh. Bahkan siswa sudah membuat puisi di rumah dengan dibantu oang tua. Banyak contoh di sekitar kita yang bisa dijadikan sebagai puisi tema alam yakni sawah,  sungai, pantai, gunung, dan lainnya.  Kemudian tema tentang keluarga, ada ibu, ayah, dan kakek serta masih banyak yang bisa dijadikan  judul puisi,” ujar Sri Handani.

Sementara itu Kepala MIN 2 Kulon Progo Hartati, S.Pd.I., M.Pd., mendukung kegiatan pembuatan puisi ini. Apalagi setelah membuat puisi dan ditempelkan sebagai majalah dinding di kelas dua. “Puisi bila sering dibuat, maka akan mudah dengan kata-kata yang lebih variatif. Selain itu siswa juga harus rajin untuk membaca supaya ketika membuat puisi lebih lancar. Semoga ke depannya kumpulan puisi kelas dua bisa dibuat buku dengan mengirimkannya ke penerbit, sebagai kenang-kenangan indah untuk siswa,’ tutur Hartati. (dan/abi).

Tetap sehat dan semangat

#No Korupsi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *