Terima Studi Tiru, Kakan Wahib Jamil Paparkan Inovasi Layanan

Kulon Progo (Kankemenag) – Kementerian Agama adalah salah satu instansi pemerintah yang bertugas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga ruh pelayanan yang berintegritas harus selalu tertanam dalam jiwa setiap ASN Kementerian Agama. Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. menyampaikan hal itu saat menerima Studi Tiru Zona Integritas dari Kankemenag Kota Surabaya di Aula PLHUT kantor setempat (20/8/2025) pagi.
“Perjalanan zona integritas membutuhkan komitmen dan chemistry dari semua pegawai. Termasuk sampai ke satker dan unit kerja. Karena kita di Kemenag mempunyai tugas memberikan pelayanan kepada masyarakat. Jadi semua pegawai harus berkontribusi dalam kesuksesan pembangunan zona integritas tersebut. Yakni dengan terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” ujarnya.

“Pembangunan zona integritas harus berkesinambungan dari masa ke masa. Tidak harus setiap ganti pimpinan ganti program dan kebijakan. Sehingga pimpinan yang baru bisa melanjutkan dan menyempurnakan program-program dan kebijakan dari pendahulunya,” imbuh Kakan.
“Dalam pembangunan zona integritas ini harus diinternalisasikan kepada semua pegawai. Sehingga semua pegawai harus paham dengan seluk beluk pembangunan zona integritas. Selain itu dengan membangun komitmen pimpinan, melaksanakan budaya pelayanan prima, memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana, serta menciptakan program inovasi yang mendekat dan menyentuh masyarakat,” terang Jamil.

Program inovasi harus benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Di Kulon Progo beberapa program inovasi terus diupayakan untuk memberikan kemudahan dalam layanan. Antara lain, Jemput Bola Pendaftaran Jemaah Haji (Jempol Darmaji), Silaturahmi Obrolan Ngopi dan Jejaring Ormas Keagamaan Kulon Progo (Sonjoku), Layanan Jemput Bola Pengukuran Arah Kiblat (X-Kiblatku).
“Kami juga melakukan program Jemput Bola Pandu Garap Layanan Wakaf Kulon Progo (Jebol Pagar Lawanku) yang berkembang menjadi Layanan Wakaf Kulon Progo Sampai Jadi dan Terbit Sertipikat (Lawanku Jadi Terpikat), dan lain-lain. Kankemenag Kulon Progo juga mempunyai program unggulan, Podcast, PTSP Online, dan Layanan Ramah Kelompok Rentan. Jadi pembangunan zona integritas ini butuh proses yang panjang. Selain itu juga perlu integritas dan komitmen bersama,” pungkasnya.

Sementera Kepala Kankemenag Kota Surabaya, Dr. Muhammad Muslim, S.Ag., M.Sy. mengatakan pihaknya mempunyai spirit untuk mewujudkan pembangunan zona integritas. “Kami ingin belajar meniti kesuksesan dalam pembangunan zona integritas di Kankemenag Kulon Progo. Dulu banyak yang belajar zona integritas ke Kankemenag Surabaya. Namun ternyata sistem dan teknik penilaian selalu bergeser. Jadi kami harus terus belajar. Sehingga saat ini kami menyempatkan diri ke Kankemenag Kulon Progo untuk studi tiru,” ungkapnya.
“Kami telah beberapa kali lolos seleksi administrasi. Namun sampai saat ini belum berhasil meraih predikat WBK. Kami berharap bisa mendapatkan resep dalam membangun zona integritas di kankemenag Kulon Progo ini. Kami akan terus berusaha untuk memberikan yang tebaik bagi Kementerian Agama dan masyarakat,” tegas Muslim.
Hadir dalam kunjungan studi tiru tersebut Kepala Kankemenag Kota Surabaya, Dr. Muhammad Muslim, S.Ag., M.Sy. serta didampingi oleh Kasubbag TU dan Tim Garda Zona Integritas. Kunjungan diterima langsung oleh Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. didampingi Kasubbag TU, Kasi/Penyelenggara sebagai Ketua Tim Area, serta perwakilan masing-masing area Tim Zona Integritas. (abi).
#KementerianSemuaAgama
#MakinDigitalMenjangkauUmat



Leave a Reply
Want to join the discussion?Feel free to contribute!