Pembinaan Pegawai, Kakan Wahib Jamil: Kita Adalah Pelayan

Kulon Progo (Kankemenag) – Aparatur Sipil Negara (ASN) pada dasarnya adalah pelayan bagi umat atau masyarakat. Maka ASN harus berusaha memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag, M.Pd. menyampaikan hal itu dalam Audiensi dan Pembinaan Pegawai yang berlangsung di Aula Menoreh kantor setempat, Senin (28/6/2021) pagi.

“Pada dasarnya kita adalah pelayan bagi umat/masyarakat. Untuk itu, mari kita bangun kebersamaan agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” pinta Kakan.

“Kerja kita tak lagi secara herarki, namun harus berbasis relasi. Sehingga kita dalam posisi yang sejajar. Hal ini tentu akan mempermudah kita dalam bekerjasama untuk memberikan pelayanan yang terbaik,” imbuhnya.

Selain itu Kakan Wahib Jamil juga menyampaikan beberapa Edaran dan Intruksi Menteri Agama. Di antaranya:

  1. SE Menteri Agama Nomor 12 Tahun 2021 tentang Pakaian Dinas Harian Pegawai ASN Kementerian Agama.
  2. Intruksi Menteri Agama Nomor 2 Tahun 2021 tentang Penghormatan Bendera Merah Putih dan Do’a.
  3. SE Menteri Agama Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembatasan Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadat.
  4. SE Menteri Agama Nomor 15 Tahun 2021 tentang Penerapan Protokol Kesehatan dalam Penyelenggaraan Shalat Idul Adha dan Pelaksanaan Qurban Tahun 1442H/2021M.
  5. SE Menteri Agama Nomor 14 Tahun 2021 tentang Sistem Kerja ASN Kementerian Agama pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun Kedua.

Kakan juga menekankan agar semua satker mengoptimalisasikan pengumpulan zakat atas gaji dan tunjangan ke Baznas Kulon Progo. Sedang terkait pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi, Wahib Jamil berharap agar masing-masing satker memastikan setiap layanan yang diberikan bebas dari praktik korupsi. Dalam memberikan pelayanan juga harus mengutamakan kepuasan dari masyarakat yang dilayani. “Kulon Progo harus mempunyai kekhasan disbanding yang lain dalam memaksimalkan layanan. Lakukan semua layanan dari hati, agar sampai juga ke hati. Suasana tempat kerja juga harus dibuat menyenangkan, karena kantor itu pada dasarnya juga rumah kita,” pungkas Kakan.

Sementara itu Ketua KKPN Soeka, H. Abdul Rohman, S.Ag. M.A mengaku siap berusaha memfasilitasi pengadaan seragam Batik Kawilujengan. Pengenaan seragam Batik Kawilujengan ini sesuai SE Menteri Agama Nomor 12 Tahun 2021 yang sudah ditindaklanjuti dengan SE Kakanwil Kemenag DIY. “Untuk anggota KPPN Soeka akan mendapatkan subsidi sebesar Rp 50.000,- dari koperasi. Untuk selain anggota koperasi agar pengadaannya dikordinasikan oleh satker masing-masing. Yang terpenting kita harus segera mempunyai data pemesanan agar segera bisa ditindaklanjuti oleh perusahaan penyedia seragam batik ini,” ujarnya.

Audiensi dan Pembinaan Pegawai tersebut dihadiri oleh Kepala Kankemenag Kulon Progo, Kasubbag TU, Kasi/Penyelenggara, Kepala Madrasah, Pengawas Madrasah dan Pendidikan Agama, Kepala KUA, Pengurus KKPN Soeka, dan Pegawai bawah atap yang sedang melaksanakan Work From Office (WFO). Sedang pegawai yang Work From Home (WFH) mengikutinya secara virtual melalui fasilitas zoom meeting. (abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *