Tingkatkan Penerapan Teori, MTsN 2 Kulon Progo Gelar Ujian Praktik

Kulon Progo (MTsN2KP) – MTsN 2 Kulon Progo telah melaksanakan ujian praktik untuk siswa kelas 9 pada beberapa mata pelajaran. Adapun yang diujikan seperti IPA, Fiqh, Qur’an Hadist, Bahasa Jawa, Seni Budaya, dan Prakarya. Hal itu disampaikan Waka kurikulum Tukidi, S.Pd. saat pengarahan di musala madrasah setempat, Selasa (11/4/2023) pagi.

“Ujian praktik ini diselenggarakan pada di lingkungan madrasah dan diikuti oleh seluruh siswa kelas 9. Ujian praktik ini bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menerapkan teori yang telah dipelajari di kelas dalam bentuk praktik,” ujar Waka.

“Siswa diberikan waktu yang cukup untuk mempersiapkan diri sebelum pelaksanaan ujian praktik. Mereka dipersilakan untuk membawa alat-alat atau bahan yang dibutuhkan untuk menjalankan praktik di masing-masing mata pelajaran yang diujikan,” pungkasnya.

Salah satu siswa kelas 9, Hanik mutiara Laila Idsani mengatakan bahwa ujian praktik ini sangat bermanfaat untuk memperkuat pemahaman mereka dalam menerapkan teori yang telah dipelajari. “Kami bisa langsung melihat hasil belajar dan mendapatkan masukan dari guru jika ada kesalahan atau kekurangan dalam pelaksanaan praktik,” ujar Hanik.

Kepala MTsN 2 Kulon Progo, Muhammad Muslich Purwanto, S.Ag. menyampaikan bahwa ujian praktik ini merupakan salah satu bentuk evaluasi yang penting untuk mengetahui kemampuan siswa secara langsung dalam menerapkan teori yang telah dipelajari. “Kami berharap dengan adanya ujian praktik ini, siswa dapat lebih memahami konsep-konsep yang telah diajarkan dan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Kamad.

“Semua siswa di MTsN 2 Kulon Progo diharapkan dapat memanfaatkan ujian praktik ini sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan mereka dan memperkuat pemahaman terhadap materi pelajaran yang telah dipelajari,” harap Kamad. (ttc/abi).

Tetap sehat dan semangat

#No Korupsi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *