MandaKu Jadi Tempat Penyelenggaraan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kabupaten Kulon Progo

Kulon Progo (MAN 2 KP) – MAN 2 Kulon Progo ditunjuk sebagai tempat penyelenggaraan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tongkat Kabupaten Kulon Progo Tahun 2024. Upacara pembukaan KSM dihelat di Ruang Teater Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu Kampus Pusat MAN 2 Kulon Progo, Jalan Pahlawan Kulon Progo, pada Senin (01/07/2024) pagi.

Acara pembukaan dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag Kulon Progo, Kasi Pendidikan Madrasah, para pengawas madrasah, para Kepala MI, MTs, MA, panitia dan peserta KSM. Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kemenag Kulon Progi mengajak seluruh pihak untuk mengevaluasi diri demi meningkatkan kualitas berkompetisi sehingga tercapai kesuksesan dalam penyelenggaraan dan hasil KSM. Ia pun berharap para peserta KSM Kulon Progo dapat melaju hingga ke tingkat nasional.

Hal senada disampaikan oleh Kasi Dikmad, Dwi Putranto, MM. Ia mengajak untuk meningkatkan partisipasi madrasah segala jenjang dalam Kompetensi Sains Madrasah. Sehingga kualitas kompetisi semakin meningkat. Ia juga melaporkan bahwa KSM Tingkat Kabupaten berlangsung selama 3 hari mulai Senin hingga Rabu, 1 hingga 3 Juli 2024 mendatang, dan diikuti oleh 76 peserta, terbagi dalam 17 regu. Rinciannya adalah MI: 26 peserta dan 8 regu, MTs: 18 peserta dan 5 regu, dan MA: 32 peserta dan 4 regu. Partisipasi Madrasah Aliyah dalam KSM tahun 2024 mencapai 100 %. “Semoga hal yang sama diikuti oleh MTs dan MI pada tahun yang akan datang,” harapnya.

Sebelumnya, Kepala MAN 2 Kulon Progo menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada pihak sekolahnya untuk menjadi tuan rumah KSM Kabupaten Kulon Progo Tahun 2024. Ia menerangkan bahwa MAN 2 Kulon Progo telah mempersiapkan segala keperluan dengan sebaik-baiknya, seperti 2 ruang, perangkat komputer dan jaringan internet, 4 proyektor, dan lain sebagainya. Ia pun berharap penyelenggaraan KSM 2024 berjalan lancar dan para peserta KSM Kulon Progo dapat melaju hingga ke final.

KSM merupakan ajang kompetisi sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) untuk madrasah di seluruh Indonesia. KSM bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di madrasah, khususnya dalam bidang sains.

KSM dilaksanakan dalam beberapa jenjang, yaitu MI (Madrasah Ibtidaiyah), MTs (Madrasah Tsanawiyah), dan MA (Madrasah Aliyah). Bidang studi yang dikompetisikan dalam KSM adalah Matematika MI, IPAS MI, Sosial Sains Terpadu MI, Sosial Sains MTs, Matematika MTs, IPA Terpadu MTs, IPS Terpadu MTs, Matematika MA, Biologi MA, Fisika MA, Kimia MA, Ekonomi MA, dan Geogeafi, dan Sosial Sains MA.

Para pemenang KSM tingkat kabupaten/kota akan berlaga di tingkat provinsi, dan para pemenang tingkat provinsi akan melaju ke tingkat nasional.  (gia/dpj)

 

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *