Matsama MandaKu : Amir Ma’ruf, Ajak Siswa Baru Jaga Kelestarian Lingkungan

Kulon Progo (MAN 2 KP) – MAN 2 Kulon Progo memantapkan komitmennya dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan meraih predikat Madrasah/Sekolah Adiwiyata Nasional. Hal ini disampaikan oleh Koordinator Adiwiyata MAN 2 Kulon Progo, Drs. Amir Ma’ruf, MA., dalam acara Masa Orientasi Siswa Madrasah (Matsama) MAN 2 Kulon Progo 2024 yang berlangsung di Aula Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu Unit 2 MAN 2 Kulon Progo di Jalan Pahlawan Panjatan pada Rabu, (17/07/2024). Acara ini diikuti oleh 240 peserta siswa baru.

Di hadapan para siswa baru, Amir Ma’ruf menjelaskan makna program Adiwiyata dan berbagai program yang telah dilaksanakan di MAN 2 Kulon Progo. Ia menekankan pentingnya peran siswa dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup, sejalan dengan program Adiwiyata.

“Adiwiyata merupakan salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup,” jelas Amir Ma’ruf.

MAN 2 Kulon Progo telah aktif dalam berbagai kegiatan Adiwiyata, di antaranya:

  • Program Zero Waste: Berupaya untuk tidak menghasilkan sampah atau meminimalisasi jumlah sampah.
  • Kegiatan 3R: Reuse (menggunakan ulang sampah), reduce (mengurangi sampah), dan recycle (mendaur ulang sampah).
  • Green house: Menanam dan merawat tanaman untuk menciptakan lingkungan yang lebih hijau.
  • Gerakan pantai bersih: Membersihkan pantai dari sampah dan menjaga kelestarian pantai.

Amir Ma’ruf mengajak para siswa baru untuk bergabung dengan Tim Adiwiyata MAN 2 Kulon Progo (Timandaku) dan berkontribusi dalam menjaga lingkungan hidup madrasah dan sekitarnya. “Banyak kegiatan yang mengasyikkan dalam menjaga lingkungan,” ujar Amir Ma’ruf.

Pencapaian MAN 2 Kulon Progo sebagai Madrasah/Sekolah Adiwiyata Nasional merupakan bukti nyata komitmen madrasah dalam melestarikan lingkungan hidup dan memberikan edukasi kepada para siswa tentang pentingnya menjaga alam. Diharapkan dengan predikat ini, MAN 2 Kulon Progo dapat terus menginspirasi madrasah lain untuk turut aktif dalam program Adiwiyata dan berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup. (gia/ast/dpj)

3 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *