KemenPAN-RB Apresiasi Program Lenteraku

Kulon Progo (Kankemenag) – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi memberikan apresiasi terhadap komitmen Kankemenag Kulon Progo dalam program Lenteraku. Yakni Layanan Efektif Untuk Kelompok Rentan Kankemenag Kulon Progo. Tim dari Kedeputian Pelayanan Publik KemenPAN-RB, Nanang Khairudin menyampaikan hal itu saat melakukan verifikasi lapangan Layanan Kelompok Rentan Kankemenag Kulon Progo di Aula Gedung PLHUT kantor setempat, Kamis (12/9/2024) pagi.

“Kami mengapresiasi atas layanan Lenteraku. Termasuk dalam pemenuhan fasilitas dan inovasi layanan kepada kelompok rentan. Kankemenag Kulon Progo sudah melakukan perencanaan pembangunan gedung dengan baik. Bahkan dengan melibatkan pihak-pihak terkait. Termasuk Komite Disabilitas DIY serta PUPR terkait dengan standar dan fasilitas layanan kelompok rentan. Sehingga Gedung PLHUT dapat berfungsi dengan baik bagi siapa saja. Termasuk kelompok rentan dan disabilitas,” ungkapnya.

KemenPAN-RB juga mengapresiasi kerja cepat dan cermat dari Kankemenag Kulon Progo dalam membangun sistem layanan bagi kelompok rentan,” imbuh Nanang.

Kedatangan Tim Kedeputian Pelayanan Publik KemenPAN-RB, Nanang Khairuddin dan Raissa Nabilah didampingi oleh Ketua Tim Pelayanan Publik Biro Ortala Kemenag RI Chilyati yang hadir bersama Puji Astuti dan Riza Nugraha Putra.

Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. menyampaikan paparannya di hadapan Tim Verifikasi Lapangan KemenPAN-RB. Kakan menyampaikan bahwa Kankemenag Kulon Progo terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat tanpa diskriminasi. Bahkan Kankemenag Kulon Progo terus berbenah untuk memberikan prioritas yang terbaik bagi pengguna layanan yang tergolong kelompok rentan. Yakni lansia, wanita hamil atau menyusui, dan kelompok disabilitas.

“Kami berinovasi dengan program Lenteraku. Yakni Layanan Efektif Untuk Kelompok Rentan Kankemenag Kulon Progo. Program ini untuk memberikan prioritas layanan kepada kelompok rentan. Sehingga diharapkan pelayanan dapat berjalan lebih maskimal, cepat, serta profesional,” ujarnya.

“Dalam upaya memberikan pelayanan ramah kelompok rentan ini tentu kami tidak bisa berjalan sendiri. Karena itu kami selalu menjalin komunikasi, koordinasi, dan sinergi dengan berbagai pihak terkait. Di antaranya dengan Pemerintah Daerah dan Baznas Kabupaten Kulon Progo melalui program Safari Jum’at, Bedah Ruma Keluarga Kurang Mampu, dan Bantuan Korban Bencana. Kemudian untuk layanan pernikahan kami bekerja sama dengan Dinas Dukcapil untuk penerbitan dokumen kependudukan serta SLBN 1 Kulon Progo untuk penerjemah Bahasa Isyarat,” imbuh Kakan.

Selain itu menurut Wahib Jamil, pihaknya juga terus berupaya menyediakan berbagai fasilitas pendukung layanan kelompok rentan. Seperti jalur pemandu, area parker khusus, area prioritas, toilet khusus, loket dan prioritas, ruang laktasi, dan area ramah anak. Juga tersedia alat bantu mobilitas dan komunikasi dan ruang tenang.

“Berbagai informasi layanan juga kami sampaikan melalui berbagai media, seperti youtube, foto, banner, brosur, website, instagram, facebook, dan lain-lain. Hal ini agar informasi layanan prioritas dapat tersebar lebih luas dan mudah diakses oleh segala lapisan masyarakat,” terangnya.

Kankemenag Kulon Progo juga memberikan fasilitas pendampingan oleh petugas dan jadwal layanan yang fleksibel. Selain itu juga tersedia layanan Jemput Bola Pendaftaran Jemaah Haji (Jempol Darmaji) yang selalu siap melayani termasuk kelompok rentan. Sedang untuk SDM juga telah diberikan pelatihan khusus kepada petugas layanan.

Hadir mendukung Kankemenag Kulon Progo dalam verifikasi lapangan tersebut antara lain Kepala Dinas Dukcapil Ir. Hj. Aspiyah, Ketua Baznas H. Alfanuha Yushida, M.P.Mat, Bagian Kesra, Ketua Pertuni, dan Kepala SLBN 1 Kulon Progo. (abi).

#KementerianSemuaAgama

#MakinDigitalMenjangkauUmat

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *