Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Praktik Input Data Nikah KUA Wates

Kulon Progo (Kankemenag) – Sejumlah mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta melaksanakan program Pengenalan Lapangan Pendidikan (PLP) di Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Kulon Progo. Mahasiswa yang ditempatkan di Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam mendapatkan penugasan khusus untuk membantu proses administrasi di Kantor Urusan Agama (KUA) Wates.

Salah satu tugas utama yang mereka emban adalah melakukan penginputan data pra nikah. Kegiatan ini bertujuan untuk mempermudah akses data ketika diperlukan. Data pra nikah yang diinput meliputi informasi penting seperti identitas pengantin dan lain-lain.

Selain itu, mahasiswa juga mendapatkan pengalaman langsung dalam proses administrasi pernikahan seperti penyimpanan arsip. Mereka juga dilatih untuk bekerja secara teliti dan hati-hati agar data yang diinput bebas dari kesalahan.

Seperti yang diungkapkan Mahasiswa, Tegar Juang Islam Damayo dan Arief Mardyka Ruliawan di sela-sela kegiatan PLP di KUA Wates, Selasa (17/9/2024) siang. “Magang ini sangat bermanfaat bagi kami. Karena kami bisa belajar langsung mengenai administrasi pernikahan di KUA,” ujar mereka.

“Kami juga diajarkan bagaimana pentingnya menjaga keakuratan data. Hal ini agar memudahkan proses di kemudian hari,” imbuh Tegar dan Arief.

Dengan kehadiran para mahasiswa magang, KUA Wates dapat terbantu. Terutama dalam hal pencatatan dan pengelolaan data. Hal itu diakui oleh Kepala KUA Wates, Marjuki, S.H.I. M.S.I. “Alhamdulillah dengan magang dari Mahasiswa PLP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini kami sangat terbantu. Terutama pada proses penginputan data pernikahan. Semoga hal ini menjadi pengalaman berharga bagi para mahasiswa di dunia kerja nantinya,” ungkap Marjuki. (abi).

#KementerianSemuaAgama

#MakinDigitalMenjangkauUmat

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *