Tingkatkan Layanan, KUA Kalibawang Selenggarakan Pembinaan Keluarga Sakinah dan Pencegahan Stunting

Kulon Progo (KUA Kalibawang)- Dalam upaya meningkatkan keharmonisan keluarga dan mencegah terjadinya stunting pada anak, Kantor Urusan Agama (KUA) Kalibawang menggelar kegiatan Pembinaan Keluarga Sakinah dan Pencegahan Stunting di Balai Nikah KUA setempat, Selasa (24/9/2024) pagi.

Peserta yang hadir adalah para orang tua, beserta  anak dan menantunya yang  masih tinggal serumah tinggal serumah dengannya.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara KUA dan Kapanewon Kalibawang, serta BAZNAS Kabupaten Kulon Progo, dengan tujuan untuk mendukung terciptanya keluarga yang harmonis, selain upaya pencegahan stunting yang seringkali terkait dengan tekanan psikologis dalam keluarga.

Acara dimulai dengan sambutan dari  Kepala KUA Kalibawang Ibnu Kafid, S.H.I, yang memberikan pengantar pada kegiatan tersebut, dan dilanjutkan oleh Dra. Sri Sudiati, MM, Kepala Jawatan Sosial Kapanewon Kalibawang, yang menekankan pentingnya keharmonisan dalam keluarga untuk mendukung tumbuh kembang anak yang optimal.

Adapun narasumber pertama, Ir. Sudarmi, Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB), menyampaikan materi tentang pencegahan stunting melalui pengelolaan tekanan psikis dalam keluarga. Sudarmi menjelaskan bahwa stunting bukan hanya disebabkan oleh masalah gizi, tetapi juga kondisi emosional ibu dan anak di lingkungan yang tidak harmonis.

Narasumber kedua, Muhammad Labib, S.Ag., M.Si, Penghulu KUA Kalibawang, memberikan materi tentang pentingnya keharmonisan antara mertua dan menantu. Ia menekankan bahwa konflik antara mertua dan menantu dapat memengaruhi tumbuh kembang anak. Muhammad Labib juga memberikan beberapa solusi praktis untuk mempererat hubungan antar-anggota keluarga, guna menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan anak.

Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan wawasan bagi para peserta tentang cara membangun keharmonisan dalam keluarga dan mencegah stunting yang dapat muncul akibat konflik rumah tangga. (aam/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *