Vaksinasi, Jaga Kiai Jaga Pesantren


Kulon Progo (Kankemenag) – Vaksinasi Covid-19 merupakan salah satu upaya untuk membentuk kekebalan secara kelompok (herd imunity). Perlindungan dari pandemi Covid-19 tak terkecuali juga dilaksanakan untuk pondok pesantren. Hal itu dalam rangka untuk menjaga kiai dan santri pondok pesantren dari paparan Covid-19. Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. menyampaikan hal itu di sela-sela pelaksanaan vaksinasi di Pondok Pesantren Nurul Haromain, Tuksono, Sentolo, Kamis (9/9/2021).

“Vaksinasi ini sebagai upaya untuk membentuk kekebalan secara kelompok (herd imunity). Kiai dan santri pondok pesantren juga harus kita lindungi dari paparan Covid-19. Untuk itu saat ini vaksinasi kita kembali menyasar ke pondok pesantren,” ujarnya.

“Kita semua tentu berharap agar pandemi Covid-19 ini segera berakhir. Salah satu upaya kita adalah menyukseskan program vaksinasi ini. Sehingga diharapkan herd imunity ini segera terbentuk. Dengan demikian semoga semua bisa terhindar dari paparan Covid-19 ini,” imbuh Kakan.

Sementara itu Kakanwil Kemenag DIY, Dr. Masmin Afif, M.Ag. menyatakan bahwa vaksinasi tersebut sebagai upaya untuk pencegahan penyebaran Covid-19. “Vaksinasi ini sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Meski sudah vaksin, tetapi jangan lengah, tetap taati protokol kesehatan,” ujarnya.

Masmin Afif secara khusus menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pengasuh PP Nurul Haromain, K.H. Sirodjan Muniro yang telah memfasilitasi pelaksanaan vaksinasi tersebut.

Senada dengan Kakanwil, Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedja juga berpesan kepada warganya agar tidak lengah. “Meski sudah vaksin tahap 1 atau 2, namun jangan lengah. Pandemi ini belum berakhir. Meski sudah ada penurunan level, namun protokol kesehatan harus tetap ditaati demi keselamatan bersama,” pesan Sutedja.

Vaksinasi kali ini berkat kerjasama Pemkab Kulon Progo, Kankemenag, Baznas, TNI, POLRI, PCNU, dan PP Nurul Haromain. Target 2000 dosis menyasar kiai, ustadz, santri pondok pesantren, badan otonom NU, dan masyarakat sekitar. (eko/dpj/abi).
Tetap sehat dan semangat
#LawanCovid-19

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *