Desk Evaluasi, Kakan Wahib Jamil Paparkan Progres Pembangunan Zona Integritas

Kulon Progo (Kankemenag) – Kankemenag Kulon Progo kembali maju untuk mengikuti Penilaian Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi. Berbagai Progres telah dilaksanakan oleh Kankemenag Kulon Progo dalam rangka pembangunan Zona Integritas tersebut. Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. Menyampaikan hal itu dalam Desk Evaluasi bersama Tim Penilai Nasional (TPN) KemenPAN-RB yang berlangsung secara Virtual, Kamis (29/9/2022) siang.

“Kankemenag Kulon Progo menjadi salah satu pilot project pembangunan Zona Integritas sejak tahun 2017 dan mulai dievaluasi sejak 2019. Tahun ini kita kembali maju untuk mengikuti penilaian dari TPN KemenPAN-RB di antara 15 Satker Kemenag yang terpilih,” ujarnya.

“Kita membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi berlandaskan pada visi misi dan Program Prioritas Kemenag RI. Dalam Pembangunan ZI-WBK ini kita menerapkan beberapa strategi meliputi Penyediaan sarana dan prasarana berbasis kepentingan dan kebutuhan untuk kemudahan akses pelayanan publik. Membangun budaya melayani bagi setiap pegawai. Melakukan pengawas dan pengendalian mutu layanan. Melaksanakan internalisasi nilai-nilai akuntabilitas, obyektifitas dan tranparansi dalam pelaksanaan tugas. Serta Pencegahan prilaku korupsi,” imbuh Kakan.

“Kankemenag Kulon Progo juga telah menindaklanjuti beberapa rekomendasi yang diberikan oleh TPN dari KemenPAN-RB pada penilaian sebelumnya yakni tahun 2021. Antara lain melakukan sosialisasi secara masif pada semua pegawai terkait pembangunan Zona Integritas. Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap program-program agen perubahan. Melakukan monitoring terhadap satuan kerja dan unit kerja serta lembaga di lingkungan Kankemenag Kulon Progo terkait layanan publik. Telah dilakukan reviu indikator kinerja berdasarkan Rencena Strategis, Perjanjian Kinerja, dan Rencana Kerja. Serta pemetaan pengembangan kompetensi pada seluruh pegawai,” paparnya.

“Dalam perjalanan pembangunan Zona Integritas, Kankemenag Kulon Progo juga telah mendapatkan prestasi dan apresiasi dari berbagai pihak. Antara lain Pencapaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran IKPA terbaik dari 2018 sampai 2022, KUA Teladan Nasional, Madrasah Ramah Anak, Madrasah Sehat, dan lain-lain. Sehingga dengan berbagai prestasi apresiasi tersebut berimbas pada peningkatan Indeks Kepuasan Masyarakat dan Indeks Anti Korupsi. Kepercayaan masyarakat terhadap madrasah juga semakin meningkat. Hal ini terlihat dengan adanya peningkatan minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di madrasah,” terang Jamil.

“Sedangkan untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat, Kankemenag Kulon Progo juga terus berinovasi. Antara lain Haji Siaga, Sonjoku, Podcast Reboan, Pemulasaraan Jenazah Covid, PTSP Online, Tarji Mapan, Gerakan Amal Shalih, Komunitas Sapa Warga, Jogo Kaliku Sipatin, Sidanik Duduk Manis, Berlian, dan Long Time Servis, dan lain-lain,” pungkasnya. (abi).
tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *