Pramuka MTsN 4 Kulon Progo Ikuti JOTA JOTI

Kulon Progo (MTsN4KP) – Sebanyak delapan Pramuka MTsN 4 Kulon Progo ikuti kegiatan Jambore on the Air dan Jambore on the Internet (JOTA JOTI). Kegiatan tersebut diselenggarajan oleh Kwartir Cabang Kulon Progo di Gubug Pramuka, selama dua hari Jum’at -Sabtu (14-15/10/2022).

Adapun peserta yang dikirim yaitu Althafunnisa Zahra, Dian Rama Astari, Khafidayatna Nursyifa Aura Putri, Dian Rama Astari, dan Tevy Ayu Sela. Selain itu MTsN 4 Kulon Progo juga mengirimkan tim putra antara lain Daffa Risqi Fadzilah, Raihan Fikriansyah, dan Reno Evan Kurniawan.

Materi JOTA yang disampaikan oleh Muhammad Ayyub sebagai anggota tim pendamping JOTA ORDA DIY terdiri dari ruang lingkup radio, bagaimana komunikasi radio bekerja, karakteristik gelombang radio, kategori gelombang radio, jenis-jenis repeater, gelombang HF, perangkat-perangkat keras, dan juga praktik operator.

Dalam penjelasannya, Muhammad Ayyub mengatakan bahwa dalam melakukan panggilan harus memahami beberapa kode etik. “Kita senantiasa sebutkan callsign pemanggil atau lawan bicara kita, baru kita sebutkan call sign kita sendiri. Intinya adalah kita menggunakan prinsip you and me,” papar Ayyub.

Ia pun mengingatkan kode etik yang lain seperti pencatatan stasiun. “Setiap komunikasi yang dilakukan melalui radio harus dicatat ke dalam form radio logbook. Sebenarnya bisa dilakukan manual, lalu dipindahkan ke dalam file komputer,”imbuhnya. (siw/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *