Aksi Tim BRUS MAN 2 Kulon Progo Cairkan Suasana dalam Pra Matsama

Kulon Progo (MAN2KP) – “Kegiatan perkenalannya seru, yang awalnya diam, jadi ikut ramai. Awalnya tidak kenal, karena kegiatan ini, menjadi kenal.”  Itulah kesan yang dilontarkan Hasna Aida, siswa kelas XD yang merasa senang dengan kegiatan perkenalan dalam Pra Matsama, Senin (10/7/2023). Asra yang merupakan maskot MAN 2 Kulon Progo dan sebagian pengurus OSIS yang ditunjuk juga ikut membantu Tim BRUS dalam sesi perkenalan tersebut.

Dalam sesi perkenalan Pra Masa Taaruf Siswa (Matsama), Tim Bina Remaja Usia Sekolah (BRUS) MAN 2 Kulon Progo yang terdiri dari Siamri, S.Sn., Dwi Minggar Wanto, S.Pd., dan Astiti,S,Pd., kembali beraksi mencairkan suasana dan mengakrabkan antarpeserta Matsama yang semula terdiam dan kurang berinteraksi.  Selanjutnya kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas X yang merupakan siswa baru, dan berlangsung di lahan parkir utara Gedung Keterampilan Terpadu MAN 2 Kulon Progo Unit Pusat. Hal itu karena bersamaan dengan diselenggarakannya KSM jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan juga rapat komite bersama orang tua wali kelas X di aula.

Matsama merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan siswa baru kepada lingkungan sekolah, menggalang rasa kebersamaan, serta menyatukan siswa dalam satu ikatan persaudaraan. Dalam upaya mencapai tujuan tersebut, Tim BRUS MAN 2 Kulon Progo memimpin sesi perkenalan yang dirancang dengan kegiatan permainan di luar kelas sehingga menciptakan suasana yang riang meski sebagian langsung disapa hangatnya sinar matahari pagi.

Permainan ini dipilih sebagai metode karena memiliki potensi untuk mengenalkan siswa baru kepada teman-teman sekelasnya dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Para siswa diajak untuk berpartisipasi dalam serangkaian permainan dan tantangan yang dirancang untuk meningkatkan kerjasama, membangun komunikasi, memperkuat kepercayaan diri, serta membangun keakraban antara satu sama lain.

Siamri, salah satu Tim BRUS yang turut membersamai siswa MAN 2 Kulon Progo dalam acara perkenalan merasa senang dengan lancarnya acara. “Anak-anak antusias mengikuti kegiatan berkenalan dengan teman-teman baru dalam mengikuti seluruh permainan yang dirancang dan  diberikan oleh Tim BRUS. Permainan yang dipilih berorientasi dalam tujuan saling mengenal, belajar bekerja sama, dan menyatukan kekompakan dengan orang-orang yang baru saja ditemui” harap Amri.

Dalam sesi perkenalan ini, Tim BRUS MAN 2 Kulon Progo telah berhasil menciptakan lingkungan yang positif dan ramah bagi siswa baru. Mereka membantu siswa dalam memahami nilai-nilai persaudaraan, saling menghormati, dan bekerja sama sebagai tim. Siswa baru diberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan teman-temannya, sehingga terjalin ikatan yang kuat di awal masa belajar di MAN 2 Kulon Progo. (rid/ast/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *