Optimalkan Layanan Prima, KUA Sentolo dan Kalibawang Gelar Diseminasi Peningkatan SDM
Kulon Progo (Kankemenag KP) – Dalam rangka dan upaya untuk meningkatkan kompetensi SDM yang berorentasi pada pelayanan prima terhadap masyarakat, Seksi Bimas Islam Kankemenag Kulon Progo menyelenggarakan kegiatan Diseminasi Strategi Peningkatan SDM KUA yang berorientasi Layanan Publik putaran ke 6 (terakhir) yang berlangsung pada Senin (28/08/2023).
Acara berlangsung di Balai Nikah KUA Sentolo,dibuka oleh Kepala KUA Sentolo, Wildan Isa Anshory, SHI, MH. Dalam sambutannya Wildan Isa menyampaikan pentingnya semua ASN KUA mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. “Kegiatan acara diseminasi ini diharapkan dapat diikuti semua pegawai sampai akhir, agar dapat menambah semangat ASN KUA dalam bekerja memberikan layanan pada masyarakat”, ucap Wildan.
Sedang dalam kegiatan tersebut, materi Penguatan Kapasitas SDM KUA disampaikan oleh Fasilitator yang telah mengikuti bimbingan teknis yaitu Budi Riyanta, S,Ag PAIF KUA Kalibawang, yang memaparkan beberapa materi tentang Pelayanan Prima pada Masyarakat. Diantaranya tentang betapa pentingnya penguatan kapasitas kelembagaan KUA yang kuat dan lincah sehingga dapat berkontribusi secara optimal dalam pencapaian kinerja dan peningkatan kepuasan masyarakat.
Lebih lanjut Budi mengutarakan beberapa hal berkaitan Komunikasi yang Efektif sehingga dapat menambah skill ASN dalam memberikan pelayanan pada masyarakat dan umat. Selain itu bagaimana teknik dalam memberikan Pelayanan Prima, Menangani Keluhan Masyarakat melalui Media Sosial, dan Prinsip dalam Layanan Prima.
Harapannya dengan kegiatan ini maka semua ASN akan memahami dan lebih mengerti bagaimana dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat apalagi sebagai KUA yang sudah Revitalisasi.
Selain di KUA Sentolo, kegiatan serupa dilaksanakan pula di KUA Kalibawang, dengan fasilitator Kepala KUA Nanggulan Marjuki, SHI, MSI.
Kepala KUA kalibawang Ahmad Wardani, S.Ag, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini sangatlah penting bagi KUA Revitalisasi sehingga berharap dapat diikuti dan dipahami sehingga bisa meningkatkan lagi kemampuannya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Selanjutnya, Marjuki dalam paparannya menyampaikan tentang KUA sebagai pusat layanan keagamaan akan membutuhkan perencanaan yang matang, petugas KUA yang paham akan tugasnya dan terampil dalam memberikan layanan terlebih mengetahui informasi yang update untuk diberikan kepada masyarakat.
Selain itu materi yang disampaikan tentang bagaimana memahami cara menangani keluhan dari masyarakat, dan teknik dalam memberikan pelayanan prima.
Kegiatan Diseminasi Peningkatan SDM ini diikuti oleh seluruh jajaran pegawai ASN di lingkup KUA, yang meliputi Kepala KUA, Penghulu, Penyuluh Agama, Staf pelaksana serta PPPK yang baru. (bud/dpj)
Leave a Reply
Want to join the discussion?Feel free to contribute!