MAN 2 Kulon Progo Paparkan Program Studi Lanjut Peserta Didik kelas XII

 Kulon Progo, (MAN 2 KP) –  MAN 2 Kulon Progo berkomitmen untuk memberikan pelayanan, bimbingan, dan pendampingan kepada semua peserta didik yang bermaksud melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Hal ini disampaikan Giyarto, S.Si., M.Pd., Staf Wakil Kepala bidang Kurikulum sekaligus Ketua Program Studi Lanjut di hadapan para orang tua wali murid dan peserta didik kelas XII dan XI Program SKS 2 Tahun, Kamis (12/10/2023). Bertempat di Aula Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu, Kampus 2 MAN 2 Kulon Progo, sebelum sesi Smart Parenting. Kegiatan ini dihadiri oleh Plt Komite MAN 2 Kulon Progo, Wakil Kepala bidang Kurikulum, Wakil Kepala bidang Humas, Wakil Kepala bidang Sarpras, para wali kelas XII, orang tua atau wali siswa kelas XII dan XI Program SKS 2 Tahun.

Giyarto, dalam paparannya menginformasikan tentang berbagai upaya yang telah dilakukan oleh madrasah dalam mendukung siswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi, baik di Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta pilihan  siswa-siswi kelas XII. MAN 2 Kulon Progo juga meminta dukungan dari orang tua dalam mewujudkan cita-cita anak-anak mereka untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.

 

“Untuk melanjutkan pendidikan, terutama di perguruan tinggi negeri, ada dua jalur yang bisa diikuti oleh siswa. Pertama, jalur Sistem Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Kedua, jalur Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) dan Seleksi Mandiri atau Ujian Mandiri (UM). Jalur UTBK SNBT dan Ujian Mandiri adalah jalur ujian tertulis,” terangnya.

Giyarto menjelaskan bahwa materi ujian UTBK SNBT berisi Kemampuan Penalaran Umum, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, dan Kemampuan Memahami Bacaan, serta Pengetahuan Kuantitatif. MAN 2 Kulon Progo telah melakukan pendalaman materi-materi tersebut dan mengadakan tes uji coba (try out) untuk mempersiapkan para peserta didik menghadapi UTBK SNBT dan ujian tertulis lainnya.

Wakil Kepala bidang Humas, Muhammad Nur Kholis, S.Ag., yang mewakili Kepala MAN 2 Kulon Progo, menyambut seluruh tamu undangan dengan ucapan selamat datang dan terima kasih. Ia juga mengajak orang tua atau wali peserta didik untuk berkolaborasi dalam mendukung anak-anak mereka mencapai impian mereka, baik itu melanjutkan pendidikan tinggi maupun memasuki dunia kerja atau berwirausaha. (sug/ast/dpj)

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *