Management Emosional Inteligence Penting bagi ASN

Kulon Progo (Kankemenag) – Sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) harus bisa memahami dan mengatur emosional Inteligence. Hal ini karena berkaitan dengan kualitas pelayanan yang akan diberikan pada masyakarat. Plt. Kasi Pakis Kankemenag Kulon Progo, Muhamad Dwi Putranto, S.Pd. M.M. menyampaikan hal itu saat dalam Apel Pagi yang berlangsung di Halaman Gedung PLHUT setempat, Senin (30/10/2023).

“Orang yang mampu mengatur emosi akan mempunyai kesehatan mental dan fisik yang baik. Seseorang dengan emotional intelligence yang baik mampu mengontrol emosi saat marah dan peka terhadap perasaan orang lain,” ujarnya.

“Sebagai ASN kita budayakan hidup sehat baik secara mental dan fisik. Janganlah mudah mengeluh. Karena jika kita mengeluh, maka yang berkembang dalam tubuh kita adalah hormon kortisol. Hormon kortisol ini yang akan memicu kita menjadi stres. Jika stres sudah barang tentu pelayanan pada masyarakat juga akan menurun. Maka kembangkan rasa bahagia dan sikap optimisme dalam kita bekerja,” tutur Dwi Putranto.

Lebih lanjut Dwi Putranto mengajak pada ASN di Kankemenag Kulon Progo untuk meng-Upgrade kemampuan soft skill maupun Hard Skill. Karena saat ini kita dihadapkan oleh disrupsi era teknologi, yaitu berubahan besar dalam hal teknologi. Jika kita tidak berubah baik cara pandang dan pola hidup, maka akan tergilas oleh kemajuan jaman. (don/abi).

Tetap sehat dan semangat

#No Korupsi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *