Masjid Pusat Peradaban, Pj. Bupati Launching Tape Tuku

Kulon Progo (Kankemenag) – Kankemenag, Pemkab, dan Baznas Kulon progo mengadakan Safari Jumat di Masjid Al Barokah Kalurahan Tayuban, Kapanewon Panjatan, Jum’at (26/1/2024) siang. Dalam kegiatan Safari Jum’at ini dihadiri oleh Pj. Bupati Kulon Progo, Ni Made Dwipanti Indrayanti ST.MT, sekaligus me-launching Program Takmir Peduli Stunting Kulon Progo (TAPE TUKU) Kapanewon Panjatan. Pj. Bupati Ni Made Dwipanti mengapresiasi atas program inovasi yang dilakukan oleh Kapanewon Panjatan dan berharap akan menginisiasi program serupa di kapanewon yang lainya.

“Isu stunting menjadi perhatian serius dalam konteks kesehatan Indonesia. Stunting menyebabkan efek serius terhadap kesehatan dan perkembangan anak-anak. Stunting mengacu pada hambatan pertumbuhan akibat akumulasi kurangnya asupan gizi yang berlangsung dalam jangka waktu lama. Dimulai dari masa kehamilan hingga usia 24 bulan. Asupan Gisi yang kurang akan berdampak negatif dan memengaruhi kualitas hidup anak hingga masa dewasa nanti. Sehingga hal tersebut dibutuhkan kolaborasi berbagai pihak dan bahu-membahu mempercepat penurunan stunting sesuai target nasional. Saya mengapresiasi dan menyambut baik atas inovasi Takmir Peduli Stunting Kulon Progo (TAPE TUKU),” tutur Pj. Bupati.

“Tentunya kepedulian ini harus diimbangi dengan kepedulian orang tua selaku aktor utama. Orang tua balita diharapkan tidak berkecil hati atas vonis stunting, akan tetapi harus optimis dan meningkatkan pola asuh yang berkualitas dan pemberian asupan nutrisi gizi yang baik dan berkualitas. Hal yang paling penting juga mendasari anak dengan pendidikan agama, sehingga tercipta generasi yang cerdas namun juga berakhlak mulia shalih dan shalihah,” pinta Pj. Bupati.

“Kami juga selalu mengimbau kepada para pengusaha dan lembaga swasta untuk memngalokasikan program CSR bagi percepatan penurunan stunting. Insya Allah menjadi amal kebaikan yang akan berbuah kebaikan, berpahala, dan bermanfaat bagi masyarakat,” tambah Ni Made.

Dalam kegiatan ini diserahkan Bantuan untuk Masjid senilai Rp.15.000.000,00, diserahkan Pj. Bupati didampingi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah, Drs. Jazil Ambar Was’an, Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd., Wakil Ketua III Baznas, H. Agus Nuryanto, SM., Kapolsek, dan Danramil, serta Panewu Panjatan. Selain itu juga diberikan bantuan kepada Pelaku UMKM dan bantuan Gizi nutrisi bagi balita tervonis stunting.

Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. juga memberikan apresiasi pada program TUKU TAPE Kapanewon Panjatan. Program ini sangat strategis karena sebagain besar kegiatan masyarakat berada di masjid. Mulai dari pengajian majelis taklim, kegiatan Taman Pendidikan Alquran (TPA), yang selalu bersinggungan dengan Orang tua dan anak-anak, sehingga bisa menyasar tepat sasaran. ”Pencegahan dan penurunan angka stunting, menjadi tanggung jawab kita bersama. Bukan hanya pemerintah, akan tetapi juga semua elemen masyarakat. Sehingga keterlibatan masyarakat sangat penting di dalam menyukseskan program ini. Kami berharap nanti program ini akan bersinergi dengan para penyuluh agama dari Kankemenag Kulon Progo yang sudah tersebar di seluruh kapanewon di Kulon Progo. Kita kembalikan fungsi masjid menjadi pusat peradaban bagi masyarakat, untuk menumbuhkan kesadaran sosial dan peningkatan perekonomian masayarakat,” ungkap Kakan. (don/abi).

Tetap sehat dan semangat

#No Korupsi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *