Kamad Dorong Peserta LDK MAN 2 Kulon Progo Menjadi Pemimpin Masa Depan Berkualitas

Kulon Progo (MAN 2 KP) – Pada hari kedua Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) di MAN 2 Kulon Progo, suasana semangat dan inspirasi terasa begitu kuat di Aula Gedung Pusat Pembelajaran Kampus Pusat MAN 2 Kulon Progo. Acara yang berlangsung pada Jumat, (2 /2/2024).

Kepala Madrasah, Hartiningsih, M.Pd., mendorong peserta agar menjadi pemimpin yang berkualitas. Pemimpin yang bebas dari perilaku tidak terpuji seperti Kolusi Korupsi dan Nepotisme (KKN), seperti yang termaktub dalam Visi MAN 2 Kulon Progo, “Terwujudnya Insan yang Berakhlak Mulia, Unggul, Terampil, Inovatif, dan Berwawasan Lingkungan, Bebas dari Korupsi dan Bersih Melayani”.

Sebanyak 88 siswa dari perwakilan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSiS) dan berbagai organisasi kesiswaan lainnya, seperti Adiwiyata, Duta Literasi, Mandaku Islamic Youth (MIY), Majelis Perwakilan Kelas (MPK), Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R), serta perwakilan organisasi ekstrakurikuler, aktif mengikuti acara tersebut. Turut hadir pula Wakil Kepala bidang Kesiswaan, para pembina organisasi, dan tim kehumasan MAN 2 Kulon Progo.

Dalam sambutannya, Hartiningsih, menegaskan bahwa peserta LDK adalah siswa-siswa pilihan yang memiliki potensi menjadi pemimpin masa depan. “Kalian semua adalah pilihan, dipilih karena potensi kepemimpinan yang dimiliki. Jadikan setiap pengalaman di LDK ini sebagai peluang untuk mengasah kemampuan kepemimpinan kalian. Pemimpin yang bebas dari perilaku tidak terpuji seperti Kolusi Korupsi dan Nepotisme (KKN). Hal ini sesuai dengan yang termaktub dalam Visi MAN 2 Kulon Progo, “Terwujudnya Insan yang Berakhlak Mulia, Unggul, Terampil, Inovatif, dan Berwawasan Lingkungan, Bebas dari Korupsi dan Bersih Melayani ,” tegasnya dengan penuh semangat.

Ia juga mendorong peserta untuk menggunakan waktu sebaik mungkin. “Waktu adalah aset yang berharga. Gunakan waktu kalian di LDK ini dengan bijak dan manfaatkan setiap kesempatan untuk belajar dan berkembang,” tambahnya.

Selain itu, Hartiningsih, juga menekankan bahwa LDK tidak hanya berguna untuk kehidupan di madrasah, tetapi juga memiliki manfaat yang besar dalam kehidupan sehari-hari dan di tengah masyarakat. “Pengalaman dan pembelajaran yang kalian dapatkan di LDK akan membentuk kalian menjadi pemimpin yang berkualitas dan mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat,” tutupnya.

Setelah motivasi disampaikan oleh Hartiningsih, acara dilanjutkan dengan penyampaian program-program kerja setiap organisasi dan pengurus ekstra kurikuler yang didampingi oleh Wakil Kepala bidang Kesiswaan, Farida Rahmawati, M.Pd., para pembina organisasi dan ekstra kurikuler.

LDK merupakan salah satu kegiatan yang diadakan secara rutin oleh MAN 2 Kulon Progo untuk mengembangkan kepemimpinan dan kemampuan organisasional siswa. Diharapkan, melalui kegiatan ini, siswa dapat menjadi pemimpin masa depan yang berkualitas dan bertanggung jawab. (sug/ast/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *