Semarak Ramadhan, MAN 3 Kulon Progo Rutinkan Sholat Dhuha dan Kultum

Kulon Progo (MAN3KP) – Madrasah Aliyah Negeri 3 Kulon Progo mengadakan kegiatan sholat dhuha berjamaah dan kultum selama bulan Ramadhan. Kegiatan ini merupakan program yang dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan bulan Ramadhan sebagai bulan penuh ibadah dan pahala.

Kegiatan sholat dhuha dan kultum dilaksanakan setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB sebelum dimulainya KBM. Seluruh siswa dan guru mengikuti kegiatan tersebut. Drs. Parwanto selaku koordinator bidang keagamaan menyampaikan “Tujuan kegiatan ini adalah untuk menyemarakkan bulan ramadhan dan tentunya guna membiasakan siswa dalam beribadah sholat dhuha dan kultum setiap harinya”.

Senin (25/3/2024), Muh Hadiyuddin, S.Ag., bertindak sebagai imam sholat dhuha serta penceramah kultum. Dalam kultumnya, Ia memaparkan amalan-amalan penghapus dosa. “Sebagai umat muslim, telah menjadi kewajiban kita untuk selalu berusaha menjadi seorang muslim yang sempurna. Terutama dibulan Ramadhan ini tentunya menjadi kesempatan yang baik bagi kita untuk memperbaiki diri.

Lebih lanjut Hadiyufin menambahkan, “Setidaknya, ada lima amalan penghapus dosa yang bisa kita lakukan yaitu pembiasaan sholat berjamaah, pembiasaan duduk setelah menunaikan sholat untuk berdzikir, menyempurnakan wudhu, memberi makan kepada orang yang membutuhkan serta gemar melakukan sholat malam”, jelasnya.

Kepala MAN 3 Kulon Progo Syaefulani, S.Ag., M.Pd.  mengungkapkan dukungannya terhadap kegiatan tersebut. “Kegiatan sholat dhuha berjamaah dan kultum yang menjadi pembiasaan rutin ini sangat bermanfaat dan cukup membantu dalam membentuk karakter siswa madrasah. Harapannyaa ini menjadi kebiasaan yang terus dilakukan siswa dalam kehidupan sehari-harinya”, ungkapnya. (fif/fpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *