Siswa MIN 2 Kulon Progo Dapatkan Pelatihan Kesehatan Reproduksi

Kulon Progo (MIN2KP) – Masa remaja merupakan peralihan dari kanak-kanak menjadi remaja dan dewasa yang melibatkan perubahan berbagai aspek seperti biologis dan psikologis. Oleh karena itu perlunya pendampingan untuk siswa dalam menghadapi masa perubahan tersebut.

Hal ini juga dilaksanakan MIN 2 kulon Progo kepada siswa kelas enam sejumlah 31 siswa. Adapun pemberi pelatihan dari Puskesmas Wates. Hal tersebut disampaikan guru MIN 2 Kulon Progo, Yuli Supriyanto, S.Psi. di sela-sela pelatihan, Senin (19/8/2024) pagi.

“Alhamdulillah siswa MIN 2 Kulon Progo mendapatkan pelatihan ini. Supaya siswa memahami tentang kesehatan reproduksi, fungsi organ reproduksi, dan cara menghindari untuk melakukan hal-hal yang menyimpang. Oleh karena itu perlunya informasi dan pelatihan,” ujarnya.

“Siswa diharapkan mampu untuk bertanggung jawab pada tubuh sendiri. Khususnya tentang proses reproduksi. Sehingga ia dapat berpikir sebelum melakukan hal yang merugikan diri sendiri,” papar Yuli Supriyanto.

“Pengetahuan mengenai reproduksi tidak hanya pada siswa perempuan. Namun siswa laki-laki juga mendapatkan pelatihan tersebut agar mereka juga tahu bagaimana hidup dengan reproduksi yang sehat. Kesalahan pergaulan pada akhirnya dapat memberi dampak yang buruk dan merugikan. Semoga siswa MIN 2 Kulon Progo menjadi paham pentingnya menjaga reproduksi supaya sehat dan terus menjaga pergaulan dengan baik,” ungkap Yuli Supriyanto.

Sementara itu Kapala MIN 2 Kulon Progo, Hartati S.Pd.I. M.Pd. memberikan apresiasi dengan kegiatan edukasi tentang kesehatan reproduksi dan pencegahan adiksi untuk siswa dari Puskesmas. Meskipun hanya kelas enam, namun hal ini sangat bermanaat buat pengetahuan mereka. Apalagi hampir semua siswa sudah mengalami pubertas. Sehingga perlu adanya pelatihan ini supaya mereka paham dan dapat menjaga diri dengan baik di manapun mereka tinggal. Terlebih ketika mereka jauh dari pengawasan orang tua dan guru. Mereka akan bisa bersikap tanggung jawab dan dapat menerapkan apa yang disampaikan oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Wates yakni Siti Musfiroh, Amd Kep, dr. Millati Salsabila, dan Eny Rohmawati, AmKG,” papar Hartati. (dan/abi).

#KementerianSemuaAgama

#MakinDigitalMenjangkauUmat

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *