Jaga Kelestarian Alam, DWP Kankemenag Kulon Progo Gelar Aksi Pelepasan Tukik dan Bersih Pantai

Kulon Progo (DWP KemenagKP) – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo melaksanakan pelepasan tukik dan bersih pantai. Kegiatan dilaksanakan di Pantai Pasir Kadilangu, Jangkaran, Temon Kabupaten Kulon Progo pada Rabu, (18/09/2024) pagi.

Kegiatan diikuti oleh 50 orang yang berasal dari DWP Kemenag, DWP Kantor Urusan Agama (KUA), dan DWP madrasah se-Kabupaten Kulon Progo. Kegiatan dihadiri oleh Penghulu KUA Temon, Pengurus BKSDA DIY, dan Pengurus Balai Konservasi Hutan Mangrove dan Pesisir.

Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo, Atick Sudaryati Wahib Jamil,  dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan dilaksanakan sebagai wujud kepedulian kepada lingkungan dan sarana edukasi.

“Pelepasan tukik sebagai bentuk edukasi pentingnya melestarikan satwa langka dan bersih patai merupakan wujud dari kepedulian serta dukungan kami terhadap upaya pelestarian lingkungan. Harapannya dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pelestarian laut dan ekosistemnya serta menginspirasi aksi nyata untuk menjaga kelestarian alam,” jelasnya.

Radit, Pengurus Balai Konservasi Sumber Daya Alam Daerah Istimewa Yogyakarta (BKSDA DIY) sangat mengapresiasi kegiatan DWP Kemenag Kulon Progo atas kepedulian terhadap kelestarian alam.

“Kegiatan kolaboratif yang dilaksanakan Dharma Wanita Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo layak untuk ditiru, dan kami berharap agar masyarakat menjadi mengerti bahwa satwa yang dilindungi akan kembali ke alamnya. Selain itu, kegiatan bersih pantai juga sangat mendukung dimana penyu akan mendarat lagi ke pantai sehingga kegiatan ini merupakan kegiatan sinergi yang sangat bagus,” ujarnya.

Warso dari Balai Konservasi Hutan Mangrove dan Pesisir menyampaikan bahwa pelepasan tukik merupakan bentuk kepedulian pada alam. “Tukik merupakan ekosistem alam yang bisa menyuburkan laut, sehingga harapannya agar ibu-ibu Dharma Wanita dapat ikut serta dalam melestarikan, tentunya tidak hanya penyu namun melestarikan alam sehingga harapannya anak cucu dapat merasakan kelestariannya,” ungkapnya.

Saat ditemui di ruang kerja Kepala Kantor Kemenag Kab. Kulon Progo, H. M. Wahib Jamil, S.Ag., M.Pd., mengapresiasi atas langkah yang telah diambil oleh DWP Kankemenag Kulon progo. “Dengan dilaksanakan pelepasan tukik dan bersih pantai DWP Kankemenag Kulon Progo telah berpartisipasi dalam menjaga lingkungan serta satwa laut. Terlebih lagi bisa menjadi pelopor kelestarian lingkungan kita. Sekecil apapun kegiatan agar dapat memberikan manfaat untuk orang lain”, ujarnya. (ros/don)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *