MIN 1 Kulon Progo Peringati Maulid Nabi dengan Shalawat

Kulon Progo (MIN1KP) – Maulid Nabi merupakan hari lahirnya Nabi Muhammad SAW. Yaitu pada tanggal 12 Rabiul Awal yang pada tahun ini bertepatan pada Senin (16/9/2024). Banyak berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperingati Maulid Nabi, salah satunya pengajian dan shalawat.

MIN 1 Kulon Progo memperingati maulid nabi dengan pengajian dan shalawat pada Rabu (18/12/2024) di mushala madrasah. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa dan GTK MIN 1 Kulon Progo.

Kepala Madrasah, Kasamad Rifangi, M.Pd.I. mengajak para siswa untuk meneladani Rasulullah. “Alhamdulillah, hari ini kita bisa memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan pengajian dan shalawat ini kita bisa meneladani sifat-sifat Rasulullah,” ungkap Kasmad.

Pengajian dibuka dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan oleh M. Arfan Prayogi dari kelas 3A. Kemudian dilanjutkan dengan shalawat dari Tim Hadrah MIN 1 Kulon Progo. “Saya merasa senang bisa menjadi pembaca Al-Qur’an pada kegiatan pengajian ini. Kegiatan ini bisa melatih mental saya untuk menjadi lebih baik,” uangkap Arfan.

Tausiyah pada pengajian ini disampaikan oleh K.H. Jazari, S.Ag. dari KUA Girimulyo. Tausiyah berisi tentang ajakan untuk meneladani sifat sifat Nabi Muhammad SAW. Ada 4 sifat Nabi Muhammad SAW yaitu sidik, amanah, tabligh, dan fatanah. Di sela-sela tausiyah siswa juga diajak untuk shalawat Mahalul Qiyam bersama. Dengan harapan melalui shalawat Mahalul Qiyam ini dapat mendapat syafaat dari Nabi Muhammad SAW.

Pada akhir pengajian siswa saling bertukar kado silang kepada teman yang lain. Semoga melalui pengajian dan shalawat ini siswa MIN 1 Kulon Progo diberikan keberkahan dan istiqamah untuk meneladani sifat-sifat Nabi Muhammad SAW. (fad/cha/abi).

#KementerianSemuaAgama
#MakinDigitalMenjangkauUmat

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *