Tingkatkan Pemahaman Spiritual ASN, KUA Gandeng Kapanewon Temon Gelar Pengajian Aparat

Kulon Progo (KUA Temon)- Dalam rangka menguatkan spiritual para ASN di lingkup Kapanewon Temon bersama dengan KUA setempat menyelenggarakan pengajian rutin dalam wadah GPPA (gerakan pemahaman dan pengamalan kandungan isi Al Qur’an), yang berlangsung di Balai Desa Demen pada Jum’at (20-9-2024).

Pengajian di hadiri oleh para ASN di lingkup kapanewon setempat yang terdiri dari pegawai Kantor kapanewon, Koramil, Polsek, KUA, Puskesmas, Kepala sekolah dan guru, serta pamong desa setempat.

Dalam acara tersebut juga diserahkan bantuan kepada siswa kurang mampu dari SDN Demen, SDN Kedundang dan SD Muhammadiyah Kedundang yang dananya dari Darmawanita Persatuan kemenag Kulonprogo.

Selanjutnya dalam sambutannya, panewu Temon Ridwan Usman, S.H menyampaikan, “Pengajian kita kali ini bersamaan dengan momen peringatan kelahiran Nabi Muhammad untuk itu kita perlu mengambil hikmah dari kelahiran beliau,” ujarnya.

Lebih lanjut ridwan menyampaikan bahwa esensi dari kelahiran Rosululloh adalah sebagai rahmatan lil’alamin dan uswatun hasanah. Sebagai ASN maka diharapkan mengaplikasikan perkara tersebut baik ketika dalam menjalankan tugasnya dan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.

Sementara pemateri K.H Muhammad Nuyamin, S. Ag yang juga merupakan salah satu penyuluh agama Islam KUA Temon menyampaikan tentang tafsir dari Surat Al Balad. Adapun inti dari materi yang di sampaikan  bahwa manusia diciptakan Allah dalam keadaan kepayahan yang mengandung banyak hikmah. “Di antara hikmah dari kepayahan tersebut adalah memberikan tantangan kepada manusia untuk merubah keadaan diri dan lingkungannya menjadi lebih baik,” imbuhnya. (zul/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *