MAN 2 Kulon Progo Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Kulon Progo (MAN 2 KP) –  MAN 2 Kulon Progo menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada Senin, (01/10/2024) di halaman Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu Kampus Pusat, Jalan Pahlawan Panjatan-Wates. Upacara ini diikuti oleh seluruh guru, pegawai, serta siswa kelas X dan XI. Bertindak sebagai pembina upacara, Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, M.Pd., yang menyampaikan amanat mengenai pentingnya mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Petugas upacara berasal dari peserta ekstrakurikuler Pleton Inti (Tonti), sedangkan petugas kesehatan dilaksanakan oleh organisasi Pusat Informasi Kesehatan Remaja Palang Merah Remaja (PIKR PMR.

Dalam amanatnya, Hartiningsih membacakan teks ikrar dari Ketua DPR RI, Dr. (HC) Puan Maharani. Ikrar tersebut menegaskan pentingnya mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan dalam menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan kebenaran dan keadilan, demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kita semua memiliki tanggung jawab yang sama untuk menjaga keutuhan bangsa dan negara ini. Nilai-nilai Pancasila harus terus menjadi pedoman dalam setiap tindakan dan sikap kita, agar tercipta masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera,” tegas Hartiningsih saat diwawancarai setelah upacara selesai.

Upacara berlangsung khidmat dengan seluruh peserta mengikuti jalannya acara dengan tertib dan penuh semangat kebangsaan. Selesai upacara, dilaksanakan penyerahan piala Juara 2 Nasional  dalam ajang bergengsi Lomba Relawan Muda Nasional 2024 yang diselenggarakan oleh Federation of Rescue Health Team (FRESHT) Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. (gia/dpj)

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *