Monitoring Program Nutrition Goes to School di MIN 2 Kulon Progo Sukses

Kulon Progo (MIN2KP) – MIN 2 Kulon Progo mendapat kunjungan kegiatan monitoring program Nutrition Goes to School pada Rabu (2/10/2024). Kegiatan ini merupakan bagian dari kerjasama antara Seameo Recfon, Kanwil Kemenag DIY, dan Universitas Ahmad Dahlan.

Program yang telah berjalan  ini mendapat perhatian khusus dari tim monitoring yang dipimpin oleh H. Fahrudin, S.Ag. M.A. Mereka memantau pelaksanaan program, mulai dari kegiatan edukasi tentang pola makan sehat, program kesehatan siswa, hingga pola makanan bergizi.

Kepala MIN 2 Kulon Progo, Hartati, M.Pd. menyampaikan bahwa program ini sangat bermanfaat bagi siswa. Terutama dalam membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya gizi seimbang. “Anak-anak sangat antusias dengan kegiatan ini. Terutama saat diberikan pemahaman tentang pentingnya makan makanan yang sehat dan bernutrisi. Kami juga melihat perubahan positif pada kebiasaan makan mereka selama program berlangsung,” ujarnya.

Tim monitoring  yang terdiri dari H. Fahrudin, Rahmat, dan Ummu Azizah dari Kanwil Kemenag DIY. Selain itu hadir juga Dyah Safitri, Khoirunisa, dan M. Ridwan Anshori dari prodi Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakan Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Monitoring di mulai dengan mengunjungi kantin sehat dan kebun madrasah. Yakni untuk menyaksikan langsung pelaksanaan kantin dan beragam sayur yang ada di kebun madrasah. Selain itu Tim juga memeriksa menu makanan yang dijual di kantin madrasah untuk memastikan bahwa makanan tersebut memenuhi standar gizi.

Salah satu siswa kelas 6, Desiana Putri menyampaikan rasa senangnya bisa ikut serta dalam program ini. “Sekarang aku tahu kalau makan sayur dan buah itu penting. Biar tetap sehat dan bisa belajar dengan baik,” kata Desi.

Menurut perwakilan dari tim monitoring, Ridwan Anshori menyampaikan bahwa hasil monitoring di MIN 2 Kulon Progo baik. “Kami sangat mengapresiasi komitmen madrasah dalam menjalankan program ini. Semoga program ini dapat terus berlangsung dan memberi dampak positif bagi kesehatan anak-anak,” ujar Ridwan Ansori.

Lebih lanjut hasil dari monitoring untuk tim kantin MIN 2 Kulon Progo agar lebih inisiatif dan semangat untuk menambah variasi makanan sayur dan buah. Ke depan program Nutrition Goes to School akan terus dipantau secara berkala guna memastikan bahwa tujuan peningkatan kesehatan dan kesejahteraan siswa dapat tercapai dengan optimal. (ttk/abi).

#KementerianSemuaAgama
#MakinDigitalMenjangkauUmat

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *