Optimalkan Etika Sosial, DWP Kankemenag Kulon Progo Ikuti Seminar

Kulon Progo (DWP) – Dharma Wanita Persatuan Kankemenag Kulon Progo mengikuti seminar nasional bersama DWP Kemenag RI.  Seminar digelar dalam rangka meningkatkan moral dan etika istri ASN dan sebagai perempuan secara umum, seminar bertema Etiket Sosial Perempuan Dalam Menjalankan Peran Publik. Acara diikuti secara daring oleh Ketua DWP Kankemenag Kulon Progo, Atick Wahib Jamil beserta jajarannya pada Kamis (17/10/2024) bertempat di ruang Riptaloka kantor setempat.

Penasehat DWP Kemenag RI, Eni Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutannya menyampaikan bahwa etika merupakan suatu hal yang penting dan harus dimiliki oleh kaum perempuan. Terutama dalam membentuk generasi yang bermoral dan berakhlak mulia. Untuk itu perempuan perlu memosisikan diri dengan baik dalam berkeluarga maupun bermasyarakat. “Habit atau kebiasaan itu terbentuk dari tindakan kita sehari-hari. Dari sikap,serta apa yang kita pikirkan. maka berhati-hatilah dengan apa yang kita pikirkan. Karena akan membentuk bagaimana nasib kita,” ungkapnya.

Sementara Narasumber seminar, Lista Damayanti Djani,menyampaikan bahwa  essensi dari etiket sebenarnya adalah saling menghargai dan saling menghormati. “Maka ada pepatah mengatakan bahwa ‘Perlakukanlah orang lain sebagaimana anda ingin diperlakukan’. Sebagai perempuan kita perlu memahami bagaimana etiket sosial dalam menjalankan peran publik.  Ada banyak sekali etiket yang perlu kita lakukan baik dalam bersikap, bercakap-cakap, berkenalan, berpenampilan, berpakaian, dalam jamuan makanan, bertelepon, bahkan etiket dalam bermedia sosial,” terangnya.

Memahami etiket sosial ada beberapa manfaat. Yakni memelihara suasana yang menyenangkan dan menghindari konflik dalam interaksi sosial dan memberikan kenyamanan dalam menjalankan peran public. Selain itu dapat memberikan keyakinan serta menjaga citra diri dalam kehidupan bermasyarakat. “Bagaimana rasa sosial kita diasah. Itu dapat kita lihat dan rasakan ketika mengikuti suatu kegiatan. Misalnya DWP, berorganisasi, serta kegiatan sosial lainnya,” tambah Lista.

Ketua DWP Kankemenag Kulon Progo, Atick Wahib Jamil mengucapkan rasa syukur karena seminar pada dapat menambah ilmu yang bermanfaat. “Terimakasih saya ucapkan pada anggota DWP yang telah hadir. Alhamdulillah kita mendapat ilmu yang luar biasa dalam meningkatkan moral dan akhlak menjadi anggota DWP serta sebagai kaum ibu khususnya, Semoga kita dapat mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari,” harap Atick. (shf/abi).

#KementerianSemuaAgama
#MakinDigitalMenjangkauUmat

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *