Berjamaah di Masjid Syukur dalam Camping Dakwah HW MIMUHGA

Kulon Progo (MIMUHGA) – Kepanduan Hizbul Wathan MI Muhammadiyah Garongan melaksanakan Camping Dakwah. Agenda digelar pada Jum’at sore hingga Sabtu pagi (18-19/10/2024) di halaman madrasah. Kegiatan diikuti oleh siswa kelas 3-6 .

Kepala MIMUHGA, Siti Nurhayati, S.Ag. M.S.I. menyampaikan bahwa Camping dakwah ini diselenggarakan untuk mengisi waktu jeda semester satu dan praktik kemandirian. Selain itu juga pembentukan karakter lainnya setelah ekstra kurikuler yang diikuti siswa setiap Selasa sore. “ Kegiatan ini kita laksanakan bertujuan melatih karakter, pengembangan keterampilan hidup, pengalaman yang menyenangkan, dan menjalin hubungan harmonis.“ jelasnya.

Selanjutnya kepala madrasah memohon izin kepada Ketua Takmir Masjid Syukur, Kamari, M.Pd. yang terletak sebelah barat MI. Yakni untuk siswa diperkenankan belajar dan shalat di Masjid Syukur. “Siswa shalat berjama’ah dalam rangka membangun karakter dan meningkatkan kedisiplinan. Selain itu untuk mempererat hubungan dan lebih memahami serta menghayati makna shalat,” imbuh Kamad.

Kamad menyampaikan syukur dan harapan. “Alhamdulillah rangkaian acara camping dakwah berjalan lancar. Siswa senang, guru dapat bersinergi dengan kegiatan ekstrakurikuler. Madrasah dan warga saling bekerjasama. Semoga dengan camping dakwah ini siswa dapat menghargai dan mencintai alam serta manfaat bagi lingkungan sekitar,” pungkasnya.

Selain shalat berjama’ah di Masjid Syukur, siswa berkesempatan untuk mengumandangkan Adzan atau Iqamah oleh Ali Wildan Zulfikar dan Alvino. Yakni pada saat shalat berjama’ah magrib, isya, dan shubuh. Hal ini menjadi pengalaman yang berharga baginya. Kegiatan kemah lainya meliputi pendirian tenda, tadarus, api unggun, malam aksi karya, renungan malam, memasak, jejak jalan, dan peduli lansia.

Sedangkan Pembina Ekstrakurikuler HW, Suranto menyampaikan bahwa siswa siap dan senang megikuti kegiatan. Siswa tertib melaksanakan dari awal sampai akhir, semangat untuk berlatih secara mandiri.

Acara dibuka dengan upacara oleh Suwandi dari PRM Garongan dilanjutkan pendirian tenda dan pembuatan dragbar. Peserta kemudian beristirahat sebentar kemudian melaksanakan shalat magrib berjamaah di Masjid Syukur dilanjutkan tadarus Al Qur’an bersama. Menjelang waktu shalat isya peserta kemah kembali berjamaah di Masjid Syukur.

Pada saat malam api unggun dinyalakan usai shalat isya dengan diiringi yel-yel dan pentas karya dari masing-masing regu. Sebelum istirahat acara renungan malam untuk mngevaluasi diri dan mengambil hikmah dari pengalaman hidup.

Esok hari peserta melaksanakan shalat shubuh berjamaah kemudian jejak jalan di sekitar madrasah. Peserta selanjutnya mandi pagi lalu memasak sarapan menggunakan tungku dan kayu bakar. Camping selesai ditandai dengan upacara penutupan dan membongkar tenda. Sebelum acara pembongkaran tenda, HW MIMUHGA melaksanakan Peduli Lansia kepada dua orang di sekitar MI yang sakit dan renta berupa bahan makanan pokok dari siswa. (rat/sit/abi).
#KementerianSemuaAgama
#MakinDigitalMenjangkauUmat

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *