MAN 1 Kulon Progo Ikuti Expo Kemandirian Pondok Pesantren di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Yogyakarta (MAN1KP) – MAN 1 Kulon Progo menjadi peserta dalam acara Expo Kemandirian Pondok Pesantren dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2024 Selama 3 (tiga) hari terhitung dari Rabu hingga Jum’at (16-18/10/2024) di Halaman Poliklinik UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Berlangsungnya acara atas kerjasama antara Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta dengan UIN Sunan Kalijaga serta menggandeng beberapa Pondok Pesantren dan Madrasah Aliyah Negeri plus Keterampilan yang tersebar di seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta. Terbilang ada 40 stand expo yang menjadi peserta, dan MAN 1 Kulon Progo menjadi salah satunya.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Noorhaidi Hasa, S.Ag., MA., M.Phil., Ph.D. berlangsung meriah lantaran setiap peserta expo menampilkan produk-produk inovatif dan kreatif hasil olahan santri Pondok atau siswa Madrasah yang diolah secara mandiri, begitu juga yang dipamerkan oleh stand MAN 1 Kulon Progo.

MAN 1 Kulon Progo menampilkan hasil karya siswa yang memilih bidang keterampilan DKV, Elektronika, dan Tata Busana, antara lain hasil cetak mug, video kreatif, hasil rekayasa teknologi elektronik, dan busana serta rekayasa kain untuk keperluan fashion sehari-hari. Selain itu, beberapa buku karya dari siswa ekstrakurikuler Jurnalistik dan karya guru MAN 1 Kulon Progo.

Kepala MAN 1 Kulon Progo Drs. Muhammad Wahdan Zani menyampaikan selamat atas terselenggaranya acara Expo Kemandirian Pondok Pesantren, dan berharap tujuan dari acara tersebut mampu tersampaikan kepada peserta dan pengunjung yang hadir di expo tersebut.
“Semoga dengan expo ini kita mampu lebih mandiri dalam berkarya, dan karya tersebut juga mampu dikenal serta diapresiasi oleh masyarakat umum, terkhusus karya anak-anak kami dari MAN 1 Kulon Progo,” harap Wahdan.
Selain itu, MAN 1 Kulon Progo juga mendelegasikan perwakilan siswa keterampilan untuk menjadi garda depan dalam stand pameran guna memberi kesempatan untuk berinteraksi secara langsung dan melatih kemampuan menjadi seorang fasilitator dalam pelayanan publik.


Dalam acara tersebut juga dimeriahkan dengan lomba Solo Vocal lagu Islami, dan MAN 1 Kulon Progo mengirimkan penyanyi terbaiknya yaitu Choirul Anwar dalam ajang tersebut. (adk/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *