Proyek P5 Gaya Hidup Berkelanjutan MIMAGA, Proses Pembuatan Bubur Kertas 

Kulon Progo (MIMAGA) – Pencemaran lingkungan dapat diatasi melalui daur ulang sampah. Misalnya sampah kertas. Dari kertas daur ulang dapat dibuat beragam kreasi yang bernilai ekonomis.

Jum’at (25/10/2024) siswa kelas 4 MI Ma’arif Garongan melaksanakan program P5 dengan tema Gaya Hidup berkelanjutan yang berfokus pada pengelolaan sampah.

Kegiatan P5 sudah berlangsung sejak awal semester ganjil Tahun Ajaran 2024/2025. Dalam kegiatan P5 siswa melakukan pengolahan sampah plastik menjadi eco brik dan sampah kertas menjadi bubur kertas.

Wali Kelas 4, Binti Salamah, S.Ag. menjelaskan tentang kegiatan P5. “Pada minggu ini siswa membuat bubur kertas. Siswa sudah mempersiapkan kegiatan ini sejak seminggu yang lalu. Diawali dengan pemberian materi, menyaksikan video, dan minggu ini dilanjutkan praktik pembuatan bubur kertas. Bahan dan alat yang digunakan pada kegiatan pertama ini adalah kertas bekas, air, dan baskom. Pembuatan lem, pewarnaan, dan cetak akan dilanjutkan di minggu depan,” jelasnya.

Sementara itu salah satu siswa, Azalia Naafi Fadhilatul Saqira mengungkapkan rasa semangatnya. “Saya sangat semangat mengikuti kegiatan ini. Saya sudah tidak sabar untuk bisa segera menyelesaikan projek ini di minggu yang akan datang,“ ungkapnya. (pep/abi).

#KementerianSemuaAgama

#MakinDigitalMenjangkauUmat

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *