Monitoring Pelaksanaan Kegiatan Gasing di MIN 2 Kulon Progo
Kulon Progo (MIN2KP) – Dalam rangka memastikan kelancaran dan efektivitas pelaksanaan kegiatan Gerakan Literasi dan Numerasi (Gasing), Bidang Dikmad Kanwil Kemenag DIY telah melakukan monitoring di MIN 2 Kulon Progo, Rabu (30/10/2024). Monitoring ini bertujuan untuk menilai sejauh mana program tersebut diimplementasikan sesuai dengan tujuan dan standar yang telah ditetapkan.
Guru MIN 2 Kulon Progo, Yuli Supriyanto mengungkapkan bahwa kegiatan Gasing dilaksanakan selama 4 hari pada Agustus 2024 lalu. ’’Gasing merupakan singkatan dari Gampang, Asyik, dan Menyenangkan. Adalah sebuah inisiatif yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa secara lebih interaktif dan kreatif,’’ kata Yuli.
Dalam kunjungan monitoring yang dilakukan oleh Ambar arimbi dan Zaefa Khatun, berbagai aspek pelaksanaan kegiatan Gasing di monitoring. Termasuk kesiapan fasilitas, metode pengajaran yang digunakan, serta partisipasi siswa.
Selain itu, evaluasi terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif yang menjadi salah satu elemen penting dalam kegiatan ini juga menjadi fokus perhatian. Zaefa juga berkesempatan wawancara dengan salah siswa yang telah mendapat pengajaran gasing.
Menurut Arimbi, kegiatan monitoring ini penting untuk memastikan bahwa program Gasing benar-benar mampu memberikan dampak positif bagi perkembangan kemampuan siswa. “Kami ingin memastikan bahwa kegiatan Gasing tidak hanya dilaksanakan, tetapi juga memberikan hasil yang nyata dalam peningkatan literasi dan numerasi siswa di MIN 2 Kulon Progo,” ujarnya.
Hasil monitoring sementara menunjukkan bahwa program ini diterima dengan baik oleh siswa dan guru. Hasil wawancara menunjukkan siswa senang bila proses pembelajaran terutama pembelajaran matematika dengan menggunakan metode gasing.
Kepala Madrasah, Hartati berharap dengan adanya metode Gasing ini dapat meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa di MIN 2 Kulon Progo. (ttk/abi).
#KementerianSemuaAgama
#MakinDigitalMenjangkauUmat
Leave a Reply
Want to join the discussion?Feel free to contribute!