Siap Hadapi AKM, MTsN 5 Kulon Progo Gelar Simulasi Try Out

Kulon Progo (MTsN5KP) – Dengan ditiadakannya Ujian Nasional, Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) menjadi opsi terbaru untuk menguji dan menilai hasil belajar siswa. Pelaksanaan AKM membutuhkan persiapan khusus karena baru pertama kali akan dilaksanakan. Karena pentingnya pengenalan AKM tersebut, MTs Negeri 5 Kulon Progo menggelar simulasi Try Out AKM pada Jum’at (8/1/2021) bertempat di Laboratorium Komputer madrasah setempat.

Simulasi Try Out yang diikuti oleh seluruh siswa kelas 8 ini bekerjasama dengan pihak Edubrand, yakni platform yang menyediakan aplikasi berbasis web untuk pelaksanaan penilaian hasil belajar. Simulasi dibagi menjadi dua sesi dengan setiap sesinya diikuti 26 peserta. Sesi pertama dimulai pukul 07.30 pagi, sedangkan sesi kedua dimulai pukul 9.30.
Siswa datang ke madrasah dengan menerapkan protokol kesehatan. Sebelum memasuki ruangan tes, siswa dikumpulkan terlebih dahulu di halaman madrasah untuk diberikan pengarahan dan penjelasan terkait AKM.

Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, Ari Yulianti, S.S., M.Pd. menyampaikan ke siswa bahwa soal pada AKM ini berbeda dengan soal-soal pada umumnya. “AKM ini merupakan hal baru bagi kalian. Soal-soal yang ada dalam AKM nanti akan jauh berbeda dengan model soal pada umumnya yang biasa kalian kerjakan sebelumnya. AKM akan menuntut kalian untuk lebih giat dan lebih teliti dalam berliterasi. Selain itu ada juga soal dalam bentuk survei, diantaranya survei karakter dan survei lingkungan. Oleh karena itu, persiapkan diri kalian dengan sebaik-baiknya dan kerjakan soal yang ada dengan serius dan teliti. Jika nanti ada yang bingung terkait teknis saat mengerjakan soal silahkan langsung bertanya kepada panitia pengawas,” pesan Ari.

Setelah pengarahan, satu persatu siswa memasuki ruangan laboratorium komputer dengan tertib. Mereka menempati komputer sesuai dengan urutan yang tertera pada kartu peserta masing-masing. Siswa mulai mengerjakan simulasi serentak setelah penjelasan teknis secara singkat oleh panitia pengawas. Beberapa siswa terlihat antusias mengerjakan model soal AKM, namun tak sedikit juga yang tampak kebingungan dalam memahami soal. Soal AKM disini terbagi menjadi 4 topik yakni Literasi, Survei Karakter, Numerasi, dan Survei Lingkungan.

Setelah simulasi Try Out ini, rencananya hari Senin-Selasa (11-12/1/2021) akan dilaksanakan Try Out AKM yang sesungguhnya. Sedangkan ujian susulan Try Out AKM dilaksanakan pada Rabu (13/1/2021). (mic/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *