Andini, Siswi MTsN 2 Kulon Progo Peraih Kategori  Medali Emas KSI

Kulon Progo (MTsN2KP) – Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat Andini Putri Narwansyah untuk tetap mengikuti perlombaan-perlombaan secara daring/online. Andini, panggilan akrabnya,  merupakan siswa yang ceria dan murah senyum. Ia lahir di Purworejo pada 6 Juli 2006. Andini yang sekarang duduk di kelas IX adalah salah satu siswa terbaik MTsN 2 Kulon Progo. Di sela-sela mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh ia terus mengasah kemampuannya dalam banyak hal terutama bidang IPA. Siswi yang hobi membaca ini sering mengikuti perlombaan-perlombaan secara daring/online. Ia mencari informasi di media internet maupun dari pihak madrasah. Salah satu  kompetisi yang ia ikuti adalah Kompetisi Sains Indonesia (KSI) bidang IPA yang diselenggarakan oleh Lembaga POSI (Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia) pada Ahad (7/2/2021).

“Saya mencari sendiri informasi tentang lomba-lomba yang bisa diikuti, ada beberapa informasi yang saya dapatkan di internet, dan ada juga yang disampaikan oleh bapak ibu guru,” ujar Andini saat dihubungi oleh pihak Madrasah.

Dalam kompetisi yang diadakan oleh POSI ini Andini berhasil masuk dalam kategori Medali Emas. Kompetisi ini diikuti oleh 1881 peserta dari SMP/MTs se-Indonesia, dan Andini menduduki peringkat ke 70. Walaupun belum mendapatkan posisi 3 besar tetapi prestasi ini patut dibanggakan.

Semangat Andini ini perlu untuk ditiru oleh siswa-siswi lain, ujar Ony Raharjo, Wakil Kepala Madrasah bidang Kesiswaan. “Menurut saya kompetisi ini adalah salah satu fasilitas yang bisa digunakan siswa untuk mengembangkan kapasitas diri. Kompetisi ini juga dibuat untuk mendorong siswa agar tetap bersemangat dalam mengikuti pendidikan walaupun berada di tengah pandemi Covid-19,” ujarnya.

Selain KSI, Andini juga pernah mengikuti ajang Junior Insight Competition Vol. 1 yang berlangsung pada Ahad (31/1/2021) dan berhasil menempati posisi 25 dari 499 peserta. Kompetisi ini diikuti oleh peserta yang berasal dari SMP/MTs seluruh Indonesia. “Semoga langkah yang diambil oleh Andini ini bisa menumbuhkan semangat dan diikuti oleh siswa-siswa lain di MTsN 2 Kulon Progo. Pandemi Covid-19 ini jangan dijadikan sebagai penghalang untuk terus mengembangkan kemampuan diri karena ada banyak lomba yang bisa diikuti secara online,” pungkasnya. (ony/dan/abi).

Tetap sehat dan semangat
#LawanCovid-19

3 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *