Tindak Lanjut EDM, Pengawas Madrasah Laksanakan Pembinaan di MTsN 4 Kulon Progo

Kulon Progo (MTsN4KP) – Tindak lanjuti hasil PKKM tahunan beberapa waktu lalu, pengawas madrasah, Barokatus Sholikah, S.Ag. M.Si. mengadakan pembinaan pengelola madrasah terdiri dari kepala madrasah dan beberapa wakil kepala (waka). Bertempat di ruang pertemuan Unit II,  Senin (16/2/2021) pagi acara pembinaan berlangsung interaktif.

Dalam kesempatan tersebut, Pengawas Ika (panggilan akrab) yang juga merupakan guru teladan nasional tersebut membuka dengan informasi seputar kampanye 5M yang tengah digencarkan Kementerian Agama sikapi pandemi yang tidak kunjung berakhir. “Penerapan gerakan 5 M sesuai instruksi Menteri Agama Nomor 1 tahun 2021, maka warga madrasah harus menjadi pelopor pelaksana dalam kegiatan sehari hari,” ujarnya.

Apalagi kini Kantor Kementerian Agama Kulon Progo juga mulai mengampanyekan kesiapan untuk menerima vaksin sinovac, sebagai harapan agar para abdi negara semakin aman dalam melayani masyarakat. Ia mengakui bahwa semua itu membutuhkan adaptasi. “Menghadapi budaya baru yang kita rasakan di semua lini, maka saya mengajak untuk menghadapi dengan sabar, berusaha menyesuaikan. Kunci menghadapinya  dengan 5B yaitu bisa dipelajari, bisa dipahami bisa direncanakan, bisa dilaksanakan, dan bisa dievaluasi,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ika juga memberikan banyak catatan mengenai Evaluasi Diri Madrasah (EDM). “Apresiasi yang tinggi kepada MTsN 4 Kulon Progo saat ini siap berbagi tentang evaluasi diri madrasah ( EDM) dan E_RKAM,” tandasnya.

Ia benar-benar mengapresiasi sikap yang diambil MTsN dengan merespon apa yang telah disarankan pengawas ketika usai jalani PKKM tahunan.

Hal tersebut diakui oleh Waka Kurikulum, Ambar Suryaningsih. Menurutnya, EDM tersebut sangat membantu dalam mengevaluasi perjalanan selama ini. Hal itu merupakan tujuan EDM agar madrasah mampu mengetahui tantangan yang dihadapi dan mendiagnosis jenis kebutuhan yang diperlukan untuk perbaikan. Madrasah dapat menyediakan laporan resmi kepada para pemangku kepentingan tentang kemajuan dan hasil yang dicapai. Tak hanya itu, dalam perkembangannya diskusi pun melebar pada berbagai permasalahan, rencana, dan harapan di waktu selanjutnya. Optimisme bersama untuk terus memajukan madrasah ditunjukkan dengan komitmen para pelaksana program di MTsN 4 Kulon Progo juga mengadakan EDM. (siw/abi).

Tetap sehat dan semangat
#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *