Kanwil Kemenag DIY Luncurkan PPDB Jalur Prestasi Tahfid Terpadu Madrasah

Kulon Progo (MAN2KP) – Madrasah adalah milik masyarakat, untuk itu perlu program-program yang mampu menjaring bibit unggul baik secara kognitif, berbudi pekerti luhur, dan hafal Al Qur’an. Untuk itulah, Kanwil Kemenag DIY meluncurkan PPDB JPTT (Jalur Prestasi Tahfid Terpadu) Madrasah Se-DIY pada Senin, (15/3/2021) di Hall Kampus 2 MAN 2 Kulon Progo. Acara dipimpin langsung oleh Kakanwil Kemenag DIY, Drs. H. Edhi Gunawan, M.Pd.I. dan dihadiri Kabid. Pendidikan Madrasah, Kasi Kurikulum dan Kesiswaan, seluruh Kepala Kankemenag Kabupaten/Kota, serta Kepala Madrasah Negeri se-DIY.

Program ini merupakan mandatoring Kanwil Kemenag DIY. Dalam sambutannya Edhi Gunawan mengapresiasi terselenggaranya PPDB JPTT dan berharap menjadi evaluasi dari seluruh jenjang dan bisa mengantarkan ke jenjang berikutnya. “Dalam PPDB JPTT Madrasah Aliyah, calon peserta didik difasilitasi untuk mendaftar secara individu atau Kolektif dengan memanfaatkan teknologi dan digitalisasi dalam menjaring siswa disertai dengan petunjuk pelaksanaan. Diharapkan pula program ini dapat mendongkrak animo dan memberikan kesempatan pada lulusan terbaik untuk mendaftar di madrasah DIY,” ungkap Edhi.

Kakanwil juga berpesan bahwa madrasah disikapi sebagai lembaga otonom, kepala madrasah bertanggung jawab terhadap semua layanan pendidikan. “Madrasah memiliki program pengembangan untuk menyusun kurikulum penuh dengan inovasi dan improvisasi serta membangun jaringan dengan lembaga lain,” imbuhnya.

Sementara itu Kabid. Pendidikan Madrasah menyampaikan bahwa program tersebut diselenggarakan secara online dan serentak untuk MTs dan MA se-DIY. “Adapun tujuan diselenggarakan PPDB JPTT ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada lulusan terbaik MI/SD, MTs/SMP baik negeri maupun swasta dengan memenuhi prinsip adil, akuntabel, transparan, dan tidak diskriminatif untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu di Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah di lingkungan Kanwil Kemenag DIY,” tuturnya.

Sebagai gambaran, PPDB Jalur Prestasi Tahfid Terpadu Madrasah se-DIY ini bakal diikuti oleh MTs/MA baik negeri maupun swasta di Yogyakarta. Untuk PPPD JPTT MTs se-DIY ini diikuti oleh 64 MTs baik negeri maupun swasta di Yogyakarta. Informasi tentang teknis PPDB JPTT MTs se-DIY ini bisa dilihat di website www.ppdbmtsdiy.online. Sementara itu, http://ppdb.k2madiy.org adalah website berisi informasi tentang teknis  PPDB JPTT MA se-DIY yang diikuti 24 Madrasah Aliyah baik negeri maupun swasta se-DIY yang bisa dikunjungi. (ast/abi).

Tetap sehat dan semangat
#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *