MIMUHGA Kenalkan Media Virtual di Pesantren Ramadhan

Kulon Progo (MIMUHGA) – MI Muhammadiyah Garongan (MIMUHGA) telah melakukan kegiatan pesantren kilat Ramadhan 1442 H melalui virtual media  google meet. Kegiatan pesantren ini mengusung pengajian Ramadhan melalui dongeng anak dengan tema “Perang 1000 bulan” oleh  Budi Santosa S.Pd.I.  Pesantran kilat Ramadhan ini dilaksanakan di Ruang kelas 6 MI Muhammadiyah Garongan, Kamis (6/5/2021) pagi.

Di dalam kegiatan ini, siswa kelas 1, 2, 3, dan guru hadir di aula madrasah dengan protokol kesehatan tetap memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak  yang terdiri atas 22 anak. Sedangkan siswa kelas 4, 5, 6, dan warga sekitar dipersilahkan mengikuti kegiatan menggunakan google meet  kurang lebih 20 orang telah bergabung dalam pesantren kilat dari awal hingga selesai.

Kepala MIMUHGA, Siti Nurhayati berharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan kualitas iman dan aklakul karimah. “Harapan kami semoga kegiatan pesantren kilat Ramadhan dalam masa pandemi Covid-19 ini dapat lebih memacu kualitas beriman dan berahlakul karimah. Hal ini tentu memupuk rasa kepedulian pada sesama serta mengenalkan tehnologi bagi guru dan siswa  agar dimanfaatkan  menambah wawasan kebaikan,” ungkap Kamad.

Kegiatan pengajian pesantren Ramadhan MIMUHGA tahun ini berbeda dengan tahun lalu karena dalam masa pandemi Covid-19  dengan menggunakan virtual media google meet. Hal itu bertujuan pengenalan teknologi kepada siswa kelas atas. “Siswa mulai membiasakan diri dengan pemanfaatan teknologi untuk media pembelajaran serta memanfaatkan waktu untuk kemudahan tehnologi ini . Melalui media google meet  ini diketahuai bahwa siswa MIMUHGA  mampu memanfaatkan teknologi untuk kelas 4,5, dan 6 sebesar 64%. Apabila dibandingkan pada kegiatan pengajian virtual  hari Raya Idhul Adha tahun 2020 dengan menggunakan tehnologi zoom meeting baru 10% dari jumlah siswa yang mengenal tehnologi.  Hal tersebut telah mengalami peningkatan dalam masa Pembelajaran Jarak Jauh  tahun 2020,” imbuhnya.

Program Kegiatan pesantren kilat pada Ramadhan di MI Muhammadiyah Garongan di antaranya melalui pemantauan dengan mengisi buku penanaman karakter mulia di bulan Ramadhan,  pemantaun guru PJJ, Pengajian Ramadhan virtual dengan dongeng anak, pengumpulan Infak Ramadhan, dan pengumpulan zakat fitrah dari siswa. Zakat tersebut kemudian ditasyarufkan pada siswa dan masyarakat sekitar.

Pada akhir acara dilakukan pembagian doorprize bagi siswa dengan menjawab pertanyaan. Hal itu disambut dengan sangat antusias oleh seluruh siswa. (sit/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *