Semiloka Pendidikan Karakter, Kakan Wahib Jamil: Jadikan Persoalan Sebagai Motivasi

Kulon Progo (Kankemenag) – Salah satu lembaga pendidikan sebagai tempat penanaman pendidikan karakter pada anak adalah melalui Taman Pendidikan Al-Qur’an. Namun demikian dalam pengelolaannya tentu menemukan berbagai permasalahan. Segala permasalahan tersebut hendaknya bisa dijadikan sebagai motivasi. Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. menyampaikan hal itu saat memberikan sambutan pengarahan pada Semiloka Pendidikan Karakter pada Taman Pendidikan Al-Qur’an yang berlangsung di Rumah Makan Kopi Thiwul #87, Sukoreno, Sentolo, Kamis (24/6/2021) pagi.

“Dalam pengelolaan lembaga TKA-TPA tentu kita menemukan perbagai macam permasalahan. Segala permasalahan tersebut hendaknya tidak membuat kita menjadi kendor semangatnya. Namun mestinya kita bisa menjadikan permasalahan tersebut sebagai sebuah motivasi,” tegas Kakan.

Lebih lanjut Wahib Jamil menjelaskan bahwa ke depan varian organisasi Islam akan terus bertambah. Sehingga dengan demikian umat Islam dituntut untuk memiliki jati diri muslim di Indonesia. “Umat Islam di Indonesia harus terus hidup rukun dan damai di antara berbagai varian tersebut. Moderasi beragama menjadi sangat penting untuk bisa menjawab segala persoalan ini. Dengan demikian, maka moderasi beragama ini harus diimplementasi dalam kehidupan sehari-hari,” terangnya.

Taman Pendidikan Al-Qur’an menurut Wahib Jamil, adalah lembaga non organisasi massa. Sehingga wajib berkhidmad kepada Al-Qur’an tanpa sekat. “Tunjukkan bahwa Al-Qur’an sebagai pengikat, sehingga Kalamullah tersebut wajib disampaikan dari zaman dahulu (masa Rasulullah) hingga yaumul akhir,” pungkas Jamil. (abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *