Kankemenag dan Bupati Kulon Progo Tandatangani MoU Jogo Kaliku Sipatin

Kulon Progo (Kankemenag) – Kankemenag Kulon Progo mendukung penuh upaya Pemerintah Daerah setempat dalam upaya melestarikan lingkungan alam agar stabil dan membawa manfaat bagi masyarakat. Dukungan tersebut dituangkan dalam Kesepakatan Bersama (MoU) antara Kankemenag Kulon Progo dengan Bupati, serta Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Kankemenag dengan Dinas Kelautan dan Perikanan setempat dalam Program Jogo Kaliku Sipatin (Jaga Komitmen Warga Kulon Progo dalam Kelestarian Alam Lingkungan Ikan Kulon Progo dari Sedekah Ikan Pasangan Pengantin). Penandatanganan MoU dan PKS tersebut berlangsung di Ruang Rapat Menoreh Pemkab Kulon Progo dan disiarkan langsung melalui live streaming Youtube, Jum’at (13/8/2021) siang.

Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. di sela-sela acara tersebut menyampaikan bahwa program ini bermanfaat bagi masyarakat dan bisa memberikan edukasi agar makin peduli dengan alam. “Kami mendukung penuh program Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dalam melestarikan lingkungan alam agar tetap stabil dan membawa manfaat bagi masyarakat. Program Jogo Kaliku Sipatin ini mempunyai manfaat dan memberikan edukasi kepada masyarakat agar peduli dengan alam sekitarnya. Hal ini agar kehidupan masyarakat dapat serasi dengan alam,” ungkapnya.

“Dalam pandangan dan keyakinan kami, bahwa agama bukanlah sesuatu yang ada di langit. Tetapi agama harus dibumikan. Hal ini agar selaras baik hubungan manusia dengan Tuhan, sesama manusia, dan alam sekitarnya,” imbuh Kakan.

“Program ini diharapkan bisa memberikan edukasi kepada masyarakat terutama pasangan pengantin untuk bisa menerapkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini akan menjadi momen bersejarah sekaligus memberikan kontribusi bagi kelestarian alam, serta sedekahnya akan bernilai ibadah. Semoga program ini didukung oleh semua pihak, termasuk Kantor Urusan Agama (KUA) melalui pasangan pengantin. Harapannya alam sekitar menjadi lestari,” pungkasnya.

Sementara itu Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedja mengapresiasi adanya kerjasama tersebut. “Program ini mengandung filosofi yang bagus dan bermanfaat besar bagi pasangan pengantin, masyarakat, dan alam sekitarnya. Ini bagian dari edukasi dan merupakan suatu komitmen, terpadu, baik, dan patut didukung bersama,” ujarnya.

“Inovasi Kankemenag serta Dinas Kelautan dan Perikanan ini bermanfaat untuk menjaga kelestarian sumberdaya hayati di Kulon Progo. Pasangan pengantin akan melepasliarkan benih ikan di perairan umum. Hal ini juga akan mendukung penghargaan Satya Lancana Wirakarya bagi Kulon Progo. Tentu inovasi ini menjadi sesuatu yang sangat membanggakan bagi semua,” lanjut Bupati.

“Ini merupakan edukasi bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam memelihara lingkungan. Sehingga semua warga masyarakat diharapkan bisa mendukung dan melaksanakan program tersebut,” pinta Sutedja.

Sedangkan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kulon Progo, Ir. Sudarna, MMA. dalam laporan menyampaikan bahwa program tersebut awalnya bernama Jogo Kaliku. Program tersebut bertujuan untuk menjaga dan mengelola kelestarian hayati di Kulon Progo. “Program ini juga bertujuan untuk meningkatkan populasi ikan di perairan umum. Karena kolaborasi dengan Kankemenag Kulon Progo, kemudian program dikolaborasikan menjadi Jogo Kaliku Sipatin. Diharapkan program ini dapat dilaksanakan lebih luas di wilayah Kulon Progo. Program ini juga merupakan yang pertama di DIY,” paparnya. (abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *