PPO MTsN 4 Kulon Progo Ikuti TOT Pemilos

Kulon Progo (MTsN4KP) – Memantik kesiapan dalam melaksanakan Pemilos 2021, Panitia Pemilihan Osis (PPO) MTsN 4 Kulon Progo mengikuti Bimtek Training of Trainer (TOT) Pemilos, Senin (23/8/2021). Bimtek daring melalui Zoom Meeting tersebut diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulon Progo selaku penyelenggara pendidikan pemilu bagi pemilih remaja.

PPO 2021, terdiri dari Eris Dyah Mustika Rini, Alvina Nursifa, dan Dinda Ayudia Mahadika didampingi oleh Farerean Yulistia Marga, S.Pd. mengikuti TOT tersebut dengan harapan bahwa tahun ini dapat menyelenggarakan Pemilos daring dengan lebih terencana daripada tahun sebelumnya. “Bimtek hari ini, KPU memberikan materi di antaranya arti pentingnya Pemilos sebagai pendidikan demokrasi, tugas-tugas PPO dan KPPS dalam Pemilos, serta tahap-tahap yang akan dilalui selama bulan Agustus hingga Oktober nanti,” ujar Farerean.

Setelah bimtek, para siswa akan menjalankan tugas dan fungsinya sebagaimana kepanitiaan dalam pemilu yang sesungguhnya. Hal tersebut diharapkan menjadi pendidikan praktik demokrasi yang nyata, sehingga pada waktunya nanti mereka terjun di masyarakat, telah tercipta sumberdaya manusia yang memahami dengan baik tahapan-tahapan dalam pemilu yang harus dijalani.

Sedianya, tahap Pemilos akan berlanjut pada tahap Pemutakhiran Data Pemilih Tetap (DPT), penjaringan calon kandidat Ketua OSIS, sosialisasi, hingga pelaksanaan Pemilos yang dijadwalkan akan terlaksana 1 Oktober 2021 secara daring. “Seperti tahun sebelumnya, Pemilos daring tersebut akan dilaksanakan melalui aplikasi jendelaku. Dengan adanya tahapan Pemilos yang lebih tertata dan terarah, diharapkan akan berimbas pula pada kualitas Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) yang dipilih secara demokratis, menggunakan sistem LUBER JURDIL,” pungkasnya. (siw/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

4 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *