Empat Wakil MAN 2 Kulon Progo Ikuti Ajang KSM Tingkat Provinsi

Kulon Progo (MAN2KP) – Empat siswa MAN 2 Kulon Progo maju Kompetisi Sains Madrasah tingkat DIY. Mereka berhak mewakili Kulon Progo setelah berhasil lolos KSM di tingkat kabupaten. Kepala Madrasah, Hartiningsih, M.Pd. menyampaikan hal itu saat melepas peserta KSM tersebut di madrasahnya, Ahad (19/9/2021).

“Empat siswa MAN 2 Kulon Progo berhak maju ke tingkat DIY. Mereka mewakili Kulon Progo setelah lolos KSM tingkat kabupaten,” ujarnya.

“Selamat berjuang anak-anak Tim KSM Provinsi, berbagai ikhtiar sudah kita lakukan. Pembinaan dan pendampingan oleh Bapak Ibu guru Mapel KSN dan juga motivasi berpretasi juga sudah kita laksanakan. Selebihnya kita pasrahkan hasilnya kepada Allah, Insya Allah apapun hasilnya adalah yang terbaik,” imbuh Aning.

“Hasil akhir kompetisi ini tidak semata-mata pada kalah dan menang, tapi juga membentuk karakter unggul untuk anak-anak madrasah. Mandiri, tanggung jawab, pantang menyerah, dan jujur. Harapannya anak-anak Tim KSM MANDAKU memiliki jiwa kompetitif, tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di kancah Internasional,” tambahnya.

Derasnya laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mulai menimbulkan rasa khawatir di kalangan masyarakat. Terutama ekses (peristiwa yang melampaui batas) negatif yang muncul dan tidak dapat diingkari sebagai akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut. Menyikapi kondisi ini, masyarakat mulai berpaling dan menaruh harapan besar kepada madrasah agar dapat menjawab tantangan itu. Sebab di mata masyarakat, madrasah dapat memberikan benteng bagi anak-anak mereka. Karena madrasah tidak hanya membekali ilmu pengetahuan dan teknologi, namun juga memberikan bekal ilmu agama.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun girah (semangat) dalam kompetisi sains di kalangan siswa madrasah. Sejak awal digelar (tahun 2012), KSM telah menjadi ajang yang positif dalam membangun budaya kompetisi dan mulai tahun 2018 KSM berupaya mengelaborasi sains dengan konteks nilai-nilai Islam.

Pada ajang KSM Tahun 2021, MAN 2 Kulon Progo mengirimkan empat peserta terbaik mewakili Kabupaten Kulon Progo. Empat peserta tersebut yakni Anindhita Damayanti (XII MIPA 1) Mapel Matematika, Annisa Ayu Muthi’ah (XI MIPA 2) Mapel Fisika, JB Fui Icha Ye Syen (XII IPS 2) Mapel Ekonomi, dan Muhammad Hilman Al Fawwaz (XI IPS 3) Mapel Geografi. Mereka mengikuti kegiatan simulasi KSM provinsi yang bertempat di MAN 1 Yogyakarta, Sabtu (18/9/2021). Pada esoknya, Ahad (19/9/2021) peserta mengikuti KSM provinsi di tempat yang sama. (mar/ast/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *