Penilaian Zona Integritas, Kakan Wahib Jamil Paparkan Prestasi dan Inovasi
Kulon Progo (Kankemenag) – Kankemenag Kulon Progo tengah menghadapi penilaian Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Dalam Pembangunan Zona Integritas, Kankemenag Kulon Progo telah menempuh berbagai hal untuk memperkuat komponen pengungkit. Harapannya pada komponen hasil dapat sukses meraih predikat WBK. Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. menyampaikan hal itu dalam paparannya di Aula Menoreh kantor setempat di hadapan Tim Penilai Nasional (TPN) yang hadir secara daring via Zoom Meeting, Kamis (28/10/2021) sore.
“Kami memperkuat enam komponen pengungkit dengan harapan dapat mencapai dua komponen hasil. Komponen hasil dimaksud adalah instansi yang anti korupsi dan meningkatkannya indeks kepuasan masyarakat,” ujarnya.
“Untuk itu kami selalu meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat dengan melakukan berbagai inovasi. Kami ada 9 inovasi yang merupakan respon cepat terhadap kondisi pandemi Covid-19, dan 11 inovasi untuk memperkuat layanan,” imbuh Kakan.
“Sembilan inovasi sebagai respon cepat masa pandemi meliputi: pemulasaraan jenazah Covid-19, Gerakan Amal Shalih, Tanda Tangan Elektronik, Tarji Mapan, Long Time Service, Mawas (Melayani dengan Aplikasi WhatsApp), PTSP Online, Layanan Pemberkasan Online TPG (LOTUS), Pemilos Online Serentak Madrasah (POSMA),” jelasnya.
Sedangkan untuk inovasi untuk memperkuat layanan menurut Jamil meliputi: Sapa Pagi, Sappaku, E-SIP, Proteksi, Komunitas Sapa Warga, Jogo Kaliku Sipatin, Si Danik Duduk Manis, Gas ku Melesat, Pena Wasiat, dan Berlian.
“Apa yang telah kami lakukan tersebut telah mendapatkan apresiasi dari instansi terkait. Antara lain: Kankemenag Kulon Progo sebagai Satker Pelaksanaan Anggaran Terbaik selama 3 tahun berturut-turut dari KPPN Wates, Terproduktif Publikasi Media Cetak Tahun 2020 dari Kanwil Kemenag DIY, KUA Teladan Nasional I oleh KUA Nanggulan, GTK Berprestasi Nasional, dan lain-lain,” paparnya.
Selain itu program pengawasan juga selalu ditingkatkan dengan ada adanya aplikasi Dumas (Aduan Masyarakat), CCTV di ruang layanan yang bisa dipantau terus oleh pimpinan, dan sebagainya.
Tim Penilai Nasional dari KemenPAN-RB, Bagus dan Desmarwita melakukan pendalaman terhadap materi paparan yang disampaikan oleh Kakan. Antara lain terkait inovasi layanan, long time service, pembatalan/pelimpahan porsi, kerukunan umat beragama dan lain-lain.
Sementara itu Kabid Penaiszawa Kanwil Kemenag DIY, Sigit Warsito mendukung penuh dan mengapresiasi Kankemenag Kulon Progo yang telah memberikan layanan terbaik. “Komitmen integritasnya sangat tinggi dalam menanggapi respon atas aduan masyarakat. Semoga makin baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ucap Sigit. (abi).
Tetap sehat dan semangat
#LawanCovid-19
Maju terus kemenag kp💪💪💪
Kemenag Kulon Progo Maju, Bisa, Jaya, Ceria Mempesona
Sukses WBK ⭐⭐⭐⭐
Semangaatt
Layak WBK