Ratna Prilianti, Building Learning Commitment BDK Semarang Gayeng

Semarang (Pokjawas KP) – Sesi pembelajaran kontrak belajar dan BLC (Building Learning Commitment)  disampaikan widiaswara yang andal, Ratna Prilianti, S.Si. M.Pd. Penampilan Widyaiswara tersebut  mampu memukau dan memotivasi  peserta diklat. Pembelajaran berlangsung di Kelas H2, BDK Semarang, Senin (8/11/2021).

Penguatan kompetensi pengawas yang diikuti pengawas madrasah dari Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta mulai Senin (8/11/2021) hingga Senin (15/11/2021) mendatang dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Trik yang dilakukan Ratna membuat suasana  kelas cukup gembira, fokus, dan menggugah edukasi berkarakter. “Silakan bapak-ibu menuliskan ciri fisik diri sendiri, dimulai dari bentuk tubuh, nomor sepatu, dan menggambarkan wajah,” terang Ratna yang disambut dengan gegap gempita para peserta.

Meski tampak sederhana cara ini tetapi bermakna luas dan menggambarkan bagaimana peserta mengenali diri sendiri, kemudian akan mengenal pribadi orang lain.

Sesi pencarian teman melalui ciri khas fisik yang sudah ditulis dan ditukar acak sangat menguras perhatian peserta. Peserta dari Purworejo, Ayub begitu menikmati metode ini. “Ternyata metode, cara, dan strategi mencari ciri khas yang ditulis kepada pemilik ciri tersebut sangat variatif. Ada yang langsung, ada yang mengamati pelan-pelan, ada yang diam menunggu waktu,” terang Ayub.

Begitu pula opini dan trik yang dilakukan Anis Supriyanto dari Jombang Jawa Timur yang secara lengkap menyampaikan rasa malunya untuk mencari ciri khas yang diperoleh adalah sosok wanita cantik. Selanjutnya Anis menceritakan mengapa dirinya diberi nama Anis dan Supriyanto yang mendapatkan aplaus dari semua peserta. “Anis itu nama kakak saya yang nomor 8 dan meninggal, sedang Supriyanto nama kakak saya yang nomor 9, adapun saya anak nomor 10 dari 11 bersaudara,” tutur Anis.

Sementara itu Pengawas Madrasah Kulon Progo, Barokatussolihah  mengaku mendapat inspirasi untuk menulis dari kegiatan tersebut. “Alhamdulillah sambil mencari inspirasi tentang menulis, semoga akan membuahkan tulisan yang lebih bermakna,” ujar Ika sembari menyerahkan buku Cerkak Suket Grinting kepada Ratna.

Di sesi akhir Ratna memandu pemilihan pengurus kelas dan akhirnya terpilih tiga peserta yaitu Buardi dari Probolinggo Jawa Timur sebagai Ketua, Barokatussolihah, Kulon Progo DIY menjadi sekretaris, dan bendahara terpilih Syaiful dari Magelang Jawa Tengah. (izs/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *