Sebanyak 405 Warga Kulon Progo Daftar Haji di 2021

Sebanyak 405 Warga Kulon Progo Daftar Haji di 2021

Kulon Progo (Kankemenag) – Sebanyak 405 warga Kulon Progo tercatat mendaftar ibadah haji pada tahun 2021. Jumlah tersebut tersebar hampir merata di masing-masing Kapanewon se-Kulon Progo. Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. menyampaikan hal itu di sela aktivitas di kantornya, Rabu (16/3/2022) pagi.

“Selama tahun 2021 sejumlah 405 warga Kulon Progo tercatat melakukan pendaftaran ibadah haji. Alhamdulillah hampir merata di masing-masing Kapanewon se-Kulon Progo. Hal ini sesuai catatan yang ada di Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah,” ungkapnya.

“Hal ini tentu menunjukkan bahwa nilai keimanan warga muslim di Kulon Progo semakin meningkat. Terbukti dengan meningkatnya antusias masyarakat muslim dalam mendaftar ibadah haji dari tahun ke tahun,” imbuh Kakan.

“Selain itu, tentu hal ini juga menunjukkan adanya peningkatan kemampuan ekonomi. Kesejahteraan masyarakat tentunya juga semakin meningkat. Fakta ini tentu sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan di segala bidang. Termasuk dengan adanya pembangunan berbagai megaproyek di Bumi Menoreh ini,” lanjutnya.

Selain itu untuk memberikan prima kepada masyarakat agar lebih mudah dalam melakukan pendaftaran ibadah haji Kankemenag Kulon Progo mencanangkan program Dahagaku (Daftar Haji Gandeng KUA. “Dengan program ini, masyarakat Kulon Progo yang ingin mendaftar haji tidak harus datang ke Kankemenag. Masyarakat cukup menyiapkan berkas persyaratan pendaftaran, kemudian discan. Selanjutnya bisa langsung mendaftar mandiri dengan aplikasi Haji Pintar. Untuk masyarakat yang masih kesulitan mengakses aplikasi Haji Pintar, bisa datang ke KUA masing-masing Kapanewon. Masyarakat akan dibantu proses pendaftaran hajinya oleh petugas KUA yang sudah ditunjuk dan diberi pelatihan,” pungkas Jamil.

Sesuai data tercatat dari 405 jamaah haji tersebut Galur (52), Kalibawang (16), Kokap (14), Lendah (46), Nanggulan (20), Panjatan (40), Pengasih (50), Samigaluh (5), Sentolo (36), Temon (27), Wates (99), dan Girimulyo tidak ada pendaftar.  (tin/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *