Kajian Ramadhan, Ustadz Natsir: Hidup Indah dengan Ilmu dan Amal

Kajian Ramadhan, Ustadz Natsir: Hidup Indah dengan Ilmu dan Amal

Kulon Progo (KUA Girimulyo) – Indahnya hidup jika memadukan ilmu dan amal. Terutama dalam menjalankan ibadah di Ramadhan yang penuh berkah. Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) KUA Girimulyo, M. Natsir Nurdin, S.Ag. menyampaikan hal itu dalam Kajian Ramadhan di Masjid Baiturrahman, Grigak, Giripurwo, Girimulyo, Ahad (10/4/2022) pagi.
“Hidup akan menjadi indah jika kita memadukan ilmu dan amal. Terutama dalam menjalankan ibadah di Ramadhan yang penuh berkah ini,” ujarnya.

“Konsepnya yang pertama, belajar tentang ilmunya Allah agar kita selalu dalam petunjuk dan penerang jalan menuju kebenaran dan mampu memilih yang terbaik. Di samping itu momentum ini kita jadikan sebagai sarana menuntun lisan untuk dzikir, berdo’a dan membaca Al Qur’an, serta sekaligus untuk mengendalikan perkataan yang tidak berguna/sia-sia,” imbuh Natsir.

Kajian Ramadhan, Ustadz Natsir: Hidup Indah dengan Ilmu dan Amal

“Yang kedua, mengamalkan amal jariyah dengan memberi makan orang yang kelaparan (orang berpuasa). Shadaqah jangan menunggu saat kaya, tetapi sesuai dengan kemampuan dan niat ikhlas,” urainya.

Kajian Ramadhan, Ustadz Natsir: Hidup Indah dengan Ilmu dan Amal

“Kemudian yang ketiga, laksanakan ibadah puasa dengan penuh rasa tanggungjawab dengan menerapkan prinsip jujur, sabar, disiplin, mengharap Ridha Allah. Momentum Ramadhan ini esensinya kita baru ditatar dan dalam proses pelatihan untuk mempersiapkan diri menghadapi 11 bulan ke depan. Hal itu agar kita terlahir kembali menjadi manusia Fitrah meraih gelar Manusia Rabbani, bukan sekedar menjadi Manusia Ramadhani saja,” pungkas Natsir. (nat/abi).
Tetap sehat dan semangat
#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *