Direktur KSKK Madrasah Kemenag RI Kunjungi MAN 2 Kulon Progo; “Ini SMK!”

Kulon Progo (MAN 2KP) – “Ini SMK,” demikian ungkap Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama RI, Prof. Dr. Moh. Isom Sauqi, M.Ag., saat keluar dari ruang workshop terakhir yang dikunjungi.  Didampingi  Kepala Subdit Kurikulum dan Evaluasi Direktorat KSKK Madrasah Kemenag RI, Dr. Suwardi, M.Pd. dan  Hj. Anita Isdarmini, S.Pd, M.Hum., Sub Koordinator Kurikulum dan Kesiswaan Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY, berkesempatan mengunjungi MAN 2 Kulon Progo,  Jumat (19/8/2022).

Di depan tim broadcast yang mewawancarainya, Isom juga menyampaikan kesan kekagumannya, usai berkeliling. “MAN 2 Kulon Progo bisa melebihi sekolah kejuruan umum. Ternyata madrasah ini juga sudah menjalin kerja sama dengan pihak luar sesuai kebutuhan program keterampilan yang ada,” ungkapnya. “Terus tingkatkan kualitas bahan dan kualitas produksi agar hasil produksi bisa diterima masyarakat. Jaringan yang sudah dibangun dengan pihak luar agar terus dijaga, ditingkatkan, dan dimanfaatkan sebaik-baiknya . Selanjutnya agar lebih dikenal dunia luar bahkan internasional, MAN 2 Kulon Progo  menggunakan bilingual dalam memberikan informasi kemadrasahan,” pesan Isom usai berkeliling ruang workshop keterampilan.

Isom berkeliling meninjau ruang workshop, kelas, dan boarding school didampingi  Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, M.Pd., beserta Kepala Tata Usaha, Latif Fakhruddin, S.Ag dan para wakil kepala serta beberapa guru yang sedang tidak berugas mengajar.

Begitu sampai di Kampus Pusat (Unit 2) MAN 2 Kulon Progo, Isom dan Suwardi langsung menuju ruang workshop keterampilan di Gedung Keterampilan Terpadu. Di ruang workshop keterampilan APHP (Analisis Pengalohan Hasil Pertanian), ia menyaksikan siswa-siswi kelas X memproses hasil pertanian menjadi bahan pangan.

Naik ke lantai dua, di ruang workshop Tata Boga, siswa-siswa kelas X juga sedang berlatih membuat sirup serai, bolu kentang, dan olahan daging. Kemudian menuju ke ruang workshop keterampilan Tata Busana, Isom disambut dengan jajaran produk yang sudah dihasilkan keterampilan itu. Salah satu produk unggulan MAN 2 Kulon Progo yang sedang digemari yakni kain ecoprint.

Di ruang workshop TAV, Isom menyaksikan para siswa sedang mengatur suara sound melalui panel media pembelajaran. Beralih ke ruang DKV, dilihatnya pula para siswa sibuk merancang desain grafis.

Setelahnya, Isom juga mengunjungi ruang podcast, sebuah ruang produksi DKV dan TAV. Tempat para siswa berkarya, berinovasi, dan berkreasi untuk mengembangkan chanel youtube milik siswa-siswi MAN 2 Kulon Progo.

Selesai berkeliling, direktur KSKK yang didampingi Kasubdit Kurikulum dan Evaluasi Direktorat KSKK, dan Sub Koordinator Kurikulum dan Kesiswaan Kanwil DIY singgah sejenak beristirahat di ruang manajemen. Sambil menikmati Manjagurt, yogurtnya Mandaku, Isom memberikan beberapa arahan dan menampung pendapat dan aspirasi warga MAN 2 Kulon Progo. Di media pesan kesan, Isom juga menuliskan “MAN 2 Kulon Progo adalah madrasah inovatif, kreatif, dan produktif. Tingkatkan terus keterampilannya, semoga berdaya saing baik nasional maupun global”. Terakhir menuju Hall Mandaku untuk berfoto bersama dengan para guru dan pegawai. (giant/ast/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *