Guru Pendidikan Agama Kristen Kulon Progo Ikuti Workshop Penyusunan Modul Ajar

Kulon Progo (Kankemenag) – MGMP Pendidikan Agama Kristen SMA Kabupaten Kulon Progo selama 3 (tiga) hari, Senin-Rabu (22-24/8/2022) mengadakan Workshop Penyusunan Modul Ajar Pendidikan Agama Kristen Tingkat Dasar dan Menengah dalam rangka implementasi Kurikulum Merdeka. Workshop dilaksanakan secara daring dan luring. Hari Senin-Selasa, 22-23 Agustus 2022 kegiatan dilaksanakan secara online melalui platform Google Classroom, Google Formulir, dan/atau WhatsApp Group. Sedangkan pada Rabu (24/8/2022) kegiatan dilaksanakan secara luring di SMA Negeri 1 Sentolo.

Pengembangan Kurikulum Merdeka memiliki prasyarat penting yang harus dipenuhi, yaitu guru serta kepala sekolah yang kreatif dan inovatif. Juga memiliki pemahaman yang mendalam tentang individu peserta didik. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala SMAN 1 Sentolo, Drs. Didik Asmiarto, M.Pd.Si., saat memberikan sambutan pada workshop secara luring di sekolah setempat, Rabu (24/8/2022) pagi.

“Penting dalam pengembangan kurikulum merdeka, guru dan kepala sekolah kreatif dan inovatif. Juga memiliki pemahaman yang mendalam terhadap peserta didik,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Pembimas Kristen Kanwil Kementerian Agama DIY, Dra. Sri Gunarti Sabdaningrum, M.Pd.K. menyatakan bahwa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) mengeluarkan kebijakan dalam pengembangan Kurikulum Merdeka yang diberikan kepada satuan pendidikan. “Hal ini sebagai opsi tambahan dalam rangka melakukan pemulihan pembelajaran selama 2022-2024. Tentunya, Kemenag akan mengikuti dan menyesuaikan kebijakan dari Kemendikbudriste. Karena Pendidikan Agama Kristen merupakan bagian integral dari pendididkan umum dalam rangka pembentukan karakter peserta didik yang fundamental,” tegasnya.

Selama tiga hari pelaksanaan workshop, guru-guru mendapatkan materi tentang: Kebijakan Kanwil Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta, Memahami Kurikulum Merdeka, Mengkaji Capaian Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka Capaian Pembelajaran dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti, Memahami Elemen dan Sub Elemen dalam Capaian Pembelajaran, Merancang Tujuan Pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran, Menyusun Rancangan Pembelajaran: Modul  Ajar Kurikulum Merdeka, Penyusunan Modul  Ajar Kurikulum Merdeka, dan Refleksi Kurikulum Merdeka dalam PAK.

Narasumber workshop yaitu: Pembimas Kristen Kanwil Kemenag DIY (Dra. Sri Gunarti Sabdaningrum, M.Pd.K.), Pengawas Dikpora (Dra. Sri Rahayu, M.Pd.), Pengawas Kankemenag Kulon Progo (Tri Utami, M.Pd.K.), dan Guru PA. Kristen SMKN 1 Pengasih (Rusmiyanto, S.Th.). Workshop ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru Pendidikan Agama Kristen SD, SMP, SMA/K Kabupaten Kulon Progo dalam menyusun perangkat pembelajaran, khususnya modul ajar. (uut/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *