Lima Proposal Penelitian Ilmiah Siswa MAN 2 Kulon Progo Lolos OPSI 2022

Kulon Progo (MAN 2KP)-  Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) yang diselenggarakan oleh Puspresnas (Pusat Prestasi Nasional) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, tahun ini diselenggarakan mulai April 2022. Bidang mapel yang diikutkan meliputi MST (Matematika Sains dan Teknologi), FTR (Fisika Terapan dan Rekayasa) dan bidang ISH (Ilmu Sosial dan Humaniora). Terkait hal itu, MAN 2 Kulon Progo mengirimkan lima proposal dan kesemuanya dinyatakan lolos ke babak berikutnya yaitu babak pembahasan dan presentasi, (16/8/2022).

Kelima proposal yang dikirim terbagi dalam 5 tim bidang penelitian yaitu penelitian MST (kelompok  Diasweetha Kummala Dzarif dan Nuha Aufa Syahida), Bidang MST  (kelompok dari Siti Mufati Khatuttaslimah dan Mahhabah), Bidang FTR (kelompok dari Mustika Dewi Maghfiroh dan Eka Suci Rahmawati), Bidang ISH mengirimkan 2 kelompok yaitu Syahla Luthfiyya dan Reygina Mutiara Ramadhan serta Ilma Kaifaturohmah dan Ulga Airin Fibriyani Salma.

Diawali dengan seleksi proposal penelitian, setiap peserta penelitian tingkat SMA/MA se Indonesia mengirimkan proposal penelitiaannya ke link OPSI yang sudah disediakan. Sebanyak 2482 naskah proposal di seleksi oleh Tim juri dan dinyatakan lolos 600 proposal dari berbagai macam bidang.

Mustika kelas XII IPA1 menyatakan sangat bersyukur bisa lolos di tahap 1, mengingat tahun ini peserta karya tulis mencapai 2482 karya. Pengalaman Mustika dalam lomba penelitian sudah begitu banyak. Prestasi juara karya tulis di tingkat Internasional juga pernah diraih. “Alhamdulillah, proposal kami yang berjudul ‘Green Sintesis Nanohematit dari Pasir Besi Pantai Kulon Progo untuk Alternatif Upaya Optimalisasi Energi pada Baterai Lithium’ lolos di babak selanjutnya. Saya satu kelompok dengan adik kelas saya, Eka Suci Rahmawati kelas XI MIPA 1. Kami sekarang fokus pada penelitian lapangan, diawali dengan survei lingkungan dan uji laboratorium,” ujar Tika. “Mohon doanya semoga tim kami dan tim OPSI Mandaku lainnya bisa lolos dan lanjut di tingkat nasional,” imbuhnya.

Hartiningsih, M.Pd., Kepala MAN 2 Kulon Progo sangat mengapresiasi prestasi yang diraih anak anak Tim Riset MANDAKU. “Alhamdulillah, terima kasih dan selamat kepada anak anak Tim riset MANDAKU beserta Bapak Ibu guru pembimbing atas perjuangan dan kerja kerasnya hingga lolos tahap seleksi proposal OPSI,” ujar Aning (nama panggilannya).

“Di Mandaku, riset menjadi salah satu program unggulan untuk menguatkan kemampuan riset siswa. Kita kolaborasi dengan program perpustakaan berupa literasi yang dilakukan secara periodik dan terprogram. Selain itu, siswa di dekatkan dengan buku-buku bacaan dengan adanya perpustakaan digital dan perpusatakan kejujuran sehingga siswa dimanapun tanpa harus ke perpustakaan dapat mengakses buku bacaan dengan mudah,” imbuh Aning.

Farida Rahmawati, M.Pd., selaku Waka Kesiswaan bersama dengan staf kesiswaan bidang prestasi akademik juga selalu berupaya memotivasi siswa untuk tertarik bergabung dengan Tim Riset Mandaku melalui kegiatan-kegiatan pengenalan riset. “Alhamdulillah, animo siswa untuk bergabung di kegiatan ekskul Riset dari tahun ke tahun meningkat. Hal ini karena ekskul Riset Mandaku sudah banyak menorehkan prestasi baik nasional maupun internasional,” ujar Farida.

Keberhasilan tim Riset ini tidak lepas juga dari dukungan orang tua dan seluruh Bapak Ibu guru pegawai yang memberikan kesempatan waktu dan juga dukungan pembimbingan kepada siswa siswa Riset Mandaku. (ang/ast/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *