MIMAKO Adakan Wisata Religi Sebagai Sarana Pembelajaran

Kulon Progo (MIMAKO) – Muharram merupakan bulan yang dimuliakan Allah SWT. Untuk memperingati bulan Muharram MI Ma’arif Kokap mengadakan kegiatan dengan mengajak siswa untuk melaksanakan wisata religi ke makam para waliyyullah Gunungpring Muntilan. Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu (27/8/2022).

Kepala Madrasah, H. Asrorudin, S.Pd.I. menyampaikan bahwa kegiatan tersebut untuk pengenalan lingkungan. ”Kegiatan Wisata Religi diikuti oleh kelas 4, 5, dan 6 dengan jumlah 77 siswa. Dengan tujuan untuk pengenalan lingkungan. Juga mengenalkan kepada siswa tentang makam para auliya’ sebagai pembawa ajaran Islam dan memberikan contoh tata cara ziarah kubur,” ungkap Asrorudin.

“Ziarah kubur juga bisa digunakan sebagai sarana lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan ingat akan kematian. Juga mengingatkan kepada leluhur kita yang telah meninggal, sehingga tergugah untuk selalu mendoakannya,” tambah Asrorudin.

Menurut salah guru MIMAKO Fajar, S.Pd.I. M.Pd. bahwa ziarah termasuk pembelajaran ke NU an. ”Kegiatan ziarah kubur sesuai dengan pembelajaran ke NU an. Yang di dalamnya terdapat tata cara ziarah kubur sebagai salah satu kegiatan dari warga Nahdhiyin. Juga untuk mengurangi kejenuhan anak-anak ketika harus belajar di dalam kelas. Karena anak-anak perlu pembelajaran melalui pengamatan langsung atau praktik,” ujar Fajar.

Siswa kelas 4, Gading mengatakan bahwa kegiatan wisata ini sangat menyenangkan. “Bisa untuk refresing, juga menambah pengetahuan baru tentang tata cara ziarah kubur,’ tuturnya.(bnt/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

 

12 replies
  1. Kasinun
    Kasinun says:

    Semoga anak-anak MI Ma’arif Kokap menjadi anak yang sholih dan sholihah senantiasa mendoakan para leluhurnya terutama ayah dan ibunya sejak masih bersamanya di dunia ini lebih-lebih jika orang tuanya sudah tiada kelak. Aamiin Ya Rabbal’aalamiin.

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *