Sinkronisasi ANBK MAN 2 Kulon Progo; Tim Bekerja Solid

 

Kulon Progo (MAN 2 KP) – Bertempat di Ruang Laboratorium Komputer 1, 2, dan 3 yang berada di Gedung Workshop Keterampilan Terpadu Kampus Pusat (Unit 2) MAN 2 Kulon Progo di Jalan Pahlawan Panjatan-Wates Kulon Progo, diselenggarakan sinkronisasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) pada Jumat, (26/8/2022). Sesuai aturan, jumlah peserta ANBK yang disiapkan MAN 2 Kulon Progo adalah 50 siswa kelas XI yang dipilih secara acak oleh Kemendikbudristek, dari 8 kelas yang ada mulai dari kelas MIPA, IPS, dan Agama.

Ketentuan mengenai pelaksanaan Asesmen Nasional 2022 tertuang dalam Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 013/H/PG.00/2022 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Nasional 2022. Untuk SMA/MA, peserta ANBK adalah siswa yang duduk kelas XI yang dipilih secara acak oleh Kemendikbudristek.

“Jadi pesertanya adalah peserta didik yang terpilih secara acak (random) di setiap satuan pendidikan dengan metode yang ditetapkan oleh Kementerian,” terang Kurnia Panca Dewi, Wakil Kepala Bidang Kurikulum. Jumlah peserta yang akan dipilih maksimal 45 orang untuk jenjang SMA/MA dengan 5 orang sebagai cadangan untuk masing-masing jenjang.

Lebih lanjut Kurnia Panca Dewi menjelaskan bahwa ANBK adalah upaya mengukuran atau penilaian mutu pendidikan setiap jenjang pendidikan, sekolah atau madrasah yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. ANBK adalah pengganti UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer).

“Beberapa tahapan yang dilalui sebelum sinkronisasi hari ini meliputi pertama, Sinkronisasi Simulasi ANBK gelombang 1 yang dilaksanakan pada 31 Juli 2022; kedua, Simulasi ANBK gelombang 1 pada 1 Agustus 2022; ketiga, sinkronisasi Gladi ANBK pada 19 s.d. 21 Agustus 2022; keempat, pelaksanaan Gladi ANBK pada 22 s.d. 25 Agustus 2022, dan kelima, sinkronisasi ANBK pada 26 s.d 28 Agustus 2022. Sedangkan pelaksanaan ANBK ditetapkan pada Senin sampai Kamis, (29 Agustus hingga 1 September 2022).

Menutup keterangannya, Kurnia Panca Dewi memohon doa restu demi kelancaran ANBK di MAN 2 Kulon Progo. “Alhamdulillah, tim panitia ANBK di MAN 2 Kulon Progo bekerja secara solid. Kami juga mohon doa dan restu semua warga madrasah, Bapak/Ibu guru dan pegawai, semoga pelaksanaan ANBK di MAN 2 Kulon Progo berjalan dengan baik dan lancar, tanpa kendala apapun,” pintanya. (giant/ast/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *