Kankemenag Kulon Progo Gelar Penguatan Moderasi Manasik Haji

Kulon Progo (Kankemenag) – Kankemenag Kulon Progo melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) mengadakan kegiatan Penguatan moderasi manasik haji. Kegiatan tersebut menghadirkan Narasumber Kabid PHU Kanwil Kemenag DIY, H. Nadhif, S.Ag. M.S.I. dan Kasubbag TU Kankemenag Kulon Progo, H. Saeful Hadi, S.Ag. M.Pd.I. Kegiatan berlangsung di Gedung Menoreh kantor setempat, Selasa (13/9/2022) pagi.

Kabid PHU Kanwil Kemenag DIY, Nadhif dengan materi tentang Kebijakan Pembinaan Manasik Haji, serta Kasubbag TU, Saeful Hadi dengan materi Teknis Pelaksanaan dan Evaluasi Haji Siaga (Haji Sinau Agama). Peserta pada kegiatan ini adalah seluruh Kepala KUA se-Kulon Progo dan Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF).

“Berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, Moderasi Beragama, menjadi salah satu program yang telah dicanangkan pemerintah. Penguatan moderasi beragamapun menjadi bagian penting dari Rencana Strategis Kemenag tahun 2020-2024. Karenanya, moderasi beragama harus menjadi ruh dalam setiap program yang dilaksanakan Kemenag, tak terkecuali bimbingan manasik haji,” kata Nadhif.

“Penguatan Moderasi Beragama dalam bimbingan manasik haji adalah upaya bagaimana menyinkronkan praktik beragama dengan praktik bernegara,” imbuhnya.

“Bagaimana praktik ibadah haji, jemaah dapat memiliki pengetahuan tentang manasik yang berdasarkan pengetahuan. Tidak hanya satu tafsir saja, tapi wasathiyah atau tengah-tengah,” sambung Kabid.

Sementara Saeful Hadi dalam materinya menyampaikan latar belakang program Haji Siaga (Haji Sinau Agama) yang merupakan program inovasi layanan haji di Kankemenag Kulon Progo. “Latar belakangnya karena jemaah dan kemampuan dasar-dasar ibadah yang bervariasi, termasuk kemampuan baca tulis Al-Qur’an, thaharah, shalat, dan lain sebagainya. Selain itu juga karena masa tunggu keberangkatan haji yang cukup lama mencapai 30 tahun. Hal ini menginspirasi PHU Kankemenag Kulon Progo untuk membuat program ini,” ujarnya.

Haji Siaga terfokus pada pembinaan amaliah sehari-hari jemaah baik di tanah Haram maupun di tanah air dengan tetap memberikan dukungan pada materi lain,” pungkas Saeful. (tin/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *