Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Siap PLP-KKN Integratif di Kankemenag Kulon Progo

Kulon Progo (Kankemenag) – Kankemenag Kulon Progo menerima mahasiswa program Pelatihan Pengenalan Lapangan (PLP-KKN) Integratif dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Kegiatan penerjunan dilaksanakan di Aula Riptaloka Jum’at (2/9/2022) pagi. Mahasiswa peserta PLP-KKN Integratif diterjunkan ke Kankemenag Kulon Progo bersama Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Heru Sulistiya, M.Pd. Kegiatan PLP-KKN Integratif ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Praktik Pengenalan Lapangan I (PPL I) yang dilakukan pada semester sebelumnya tepatnya pada bulan Maret 2022 kemarin.

Dosen Pembimbing Mahasiswa (DPL), Heru Sulistiya pada kesempatan tersebut menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan PLP-KKN Integratif ini. “PLP-KKN Integratif ini selain untuk silaturrahmi, namun juga sebagai ajang untuk memberikan penilaian kepada para mahasiswa pada aspek kemampuan manajerial dan penilaian kepribadian sosial,” ujarnya.

“Kegiatan PLP-KKN Integratif merupakan tindak lanjut dari kegiatan pada semester sebelumnya yaitu PPL I,” imbuh Heru. Heru juga menambahkan terkait teknis pelaksanaan kegiatan PLP-KKN yang telah terintegrasi, berbeda dengan tahun sebelumnya. “Kegiatan PLP-KKN tahun ini telah terintegrasi, yaitu dilaksanakan selama 3 bulan penuh di instansi. Yang mana dalam hal ini Kankemenag Kulon Progo. Berbeda dengan tahun sebelumnya, di mana mahasiswa melaksanakan program PLP selama 2 (dua) bulan di Kankemenag atau instansi , kemudian dilanjutkan KKN di tengah-tengah masyarakat selama 1 (satu) bulan,” terang Heru.

Menangapi yang disampaikan oleh Heru Sulistiya, Kepala Kankemenag Kulon Progo H. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. menyambut baik atas kehadiran mahasiswa PLP-KKN di kantornya. Kakan juga menyampaikan terima kasih telah memberikan kesempatan kepada pihak Kankemenag Kulon Progo untuk dapat membersamai mahasiswa-mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta belajar  dan menimba ilmu bersama-sama.

Awal memulai sambutan, Wahib Jamil mengawalinya dengan membacakan 2 (dua) bait pantun dikhususkan kepada para peserta PLP-KKN yang berisi motivasi dan dorongan semangat dalam melaksanakan program tersebut. Ia juga menyampaikan gambaran singkat mengenai kondisi pelayanan dan fokus kerja di Kankemenag Kulon Progo. “Tahun 2022 ini Kankemenag Kulon Progo diberikan amanah untuk menjadi salah satu di antara 15 Satuan Kerja Kementerian Agama menjadi Pilot Project Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI-WBK). Amanah ini seiring berjalannya waktu memiliki 2 (dua) output yang hendak dicapai bersama. Pertama, memiliki indeks minimal korupsi atau zero korupsi. Kedua, peningkatan pelayanan publik,” tegasnya.

“Mahasiswa peserta PLP-KKN Integratif diharapkan mampu mengikuti irama yang ada di Kankemenag Kulon Progo dan saling bersinergi agar dapat meningkatkan pelayanan kepada publik dengan efektif,” imbuh Kakan.

Setelah penerjunan selesai, mahasiswa dibagi berdasarkan jumlah seksi yang ada di Kankemenag Kulon Progo. Pembagian tempat dan tugas meliputi seksi Pendidikan Madrasah (DIKMAD), Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS), Bimbingan Masyarakat Islam (BIMAS) Islam, Penyelenggaraan Haji dan Umrah, serta Penyelenggara Zakat dan Wakaf. Pembagian tugas tersebut dipandu Pranata Humas, Dian Purnamajati, S.E. Mahasiswa akan mulai melaksanakan kegiatan PLP-KKN Integratif pada Senin (5/9/2022) sampai Senin (5/12/2022) mendatang.

Adapun Sembilan Mahasiswa yang melaksanakan PLP KKN Integratif di Kankemenag Kulon Progo tersebut, Helga Maghfira, Nurijal, Nindi Kurnia Ilahi, Muhamad Roli, Waffa Aisyah, Samahi Hishni Ahmad, Ahmad Nasirul Huda, Silvi Nadiyatul Hasanah, Tsania Salamatul Ilmi. (anh/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *